GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Bahasa SQL

Apa yang dimaksud dengan SQL ?

Structured Query Language atau yang lebih dikenal dengan nama SQL adalah sebuah bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengambil informasi tertentu dari database.

Bahasa SQL sudah mengikuti standar American Nasional Standar Insitute atau ANSI yang merupakan standar manajemen database relasional. Dengan menggunakan SQL kita bisa mengakses database, menghapus data yang ada di database, mengubah data database, serta menjalankan query seperlunya.

Mengenal Bahasa SQL

Sejarah SQL

Sejarah munculnya SQL mengacu pada artikel Jhonny Oracle yang mana beliau merupakan salah seorang peneliti di perusahaan besar IBM. Artikelnya membahas tentang ide pembuatan sebuah basis data relasional yang muncul di sekitar tahun 1970, tepatnya dibulan Juni.

Pada artikel tersebut beliau juga membahas mengenai probabilitas di masa mendatang untuk menciptakan bahasa data yang dapat menjadi standar. Berkat ide itulah muncul istilah SEQUEL yang merupakan singkatan dari Structured English Query Language.

Setelah beberapa waktu, IBM kemudian menjalankan proyek basis data relasional SEQUEL dan dikarenakan namanya yang cukup sulit untuk dieja maka disingkat jadi SQL. Setelah melalui proses standardisasi tepatnya tahun 1986, kemudian SQL mengalami perbaikan kembali ditahun 1989.

Pada tahun 1992 kemudian muncul versi SQL92 kemudian ditahun 1999-an berbagai update yang terjadi kemudian muncullah SQL99. Tetapi di dunia IT SQL yang sering digunakan adalah versi SQL92.

Jenis Query Database SQL

Umumnya, ada 3 (tiga) jenis perintah pada SQL yang biasa kita gunakan, antara lain DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), serta DCL (Data Controll Language)

Berikut penjabaran masing-masing perintah diatas :

1. Data Definition Language atau DDL

DDL adalah perintah SQL yang kerap berhubungan dengan pendefinisian struktur pada database, yang dalam hal ini adalah database dan table

  • CREATE : Membuat sebuah tabel atau sebuah database baru,
  • ALTER : Mengubah sebuah struktur ataupun informasi didatabase mapun ditabel dalam database,
  • RENAME: Mengubah nama tabel jika tabel ingin diganti namanya,
  • SHOW: Menampilkan isi dari tabel,
  • DROP: Menghapus sebuah table atau sebuah database yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Data Manipulation Language atau DML

DML adalah perintah sql yang kerap berhubungan dengan manipulasi ataupun pengolahan data di dalam tabel database. Ada empat jenis perintah antara lain select, insert, update, serta delete.

  • SELECT, Menampilkan data yang terdapat dalam tabel di suatu database,
  • INSERT, Menambahkan data yang terdapat pada tabel dan terdapat didalam database,
  • UPDATE, Mengubah data atau memodifikasi sebuah data yang ada didalam tabel,
  • DELETE, Menghapus data yang terdapat di dalam tabel suatu database.

3. Data Controll Language atau DCL

DCL adalah perintah SQL yang kerap berhubungan dengan manipulasi user atau hak akses (privileges). DCL juga dipakai untuk memberikan hak otorisasi atau akses database, auditan penggunaan database, alokasi space, serta definisi space. 

  • GRANT, Memberikan hak akses atau izin kepada user yang ada di database agar bisa mengakses database tersebut. 
  • REVOKE, perintah ini adalah kebalikan dari GRANT, REVOKE digunakan untuk menghapus ataupun mencabut izin hak akses dari user yang ada di database.

Fungsi dari SQL (Structured Query Language)

SQL kerap digunakan untuk mengelola database dengan memberikan fungsi sendiri didalam sebuah website. Beberapa fungsi SQL:
  • Dapat mengakses serta memanipulasi query database
  • Dapat mengeksekusi sebuah query didatabase
  • Dapat mengambil sebuah data didatabase
  • Dapat menambahkan data ke dalam database
  • Dapat mengakses data yang ada didalam database
  • Dapat memperbarui data yang ada didalam database
  • Dapat membuat database yang baru
  • Dapat membuat sebuah tabel baru dalam database
  • Dapat Membuat prosedur yang disimpan dalam database

Profesi yang memerlukan Skill SQL?

Berikut beberapa pekerjaan yang perlu keterampilan SQL:

Data Scientist

Data scientist merupakan seseorang yang berkecimpung dalam pembuatan database, mengolah data, serta menerjemahkan data menjadi sesuatu yang mudah untuk dipahami oleh user.

Data Engineer

Data engineer bertanggung jawab menemukan tren atau pola pada set data, kemudian melakukan pengembangan algoritma untuk membuat data tersebut punya manfaat bagi organisasi atau perusahaan.

Business Analyst

Business analyst bertugas memandu organisasi atau perusahaan menciptakan proses, produk, layanan, serta software melalui analisa bisnis. Umumnya, business analyst menjalankan gap analysis yang bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang nantinya diperlukan untuk memajukan bisnis organisasi atau perusahaan tersebut.

Database Administrator

Database Administrator atau DBA bertugas mengelola software database yang mana menyimpan, menyusun, serta mengakses data dengan sistem yang bagus.

Quality Assurance Tester

Seorang QA Tester umumnya bertugas memeriksa keruskan atau masalah yang ada diproduk digital seperti aplikasi, software, game, serta website.

Penerapan SQL dalam DBMS

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam server secara sistematik sehingga dapat dicek menggunakan sebuah program komputer untuk memperoleh informasi didatabase tersebut. Nah, perangkat lunak yang digunakan agar dapat mengelola serta memanggil query disebut DBMS (database manajement system)

1. MySQL

MySQL adalah DBMS multithread, multi-user dengan mencapai 6 juta instalasi diseluruh dunia. MySQL sendiri miliki sebuah perusahaan komersial Swedia yang bernama MySQLAB

Kita bisa menggunakan MySQL secara leluasa karena gratis (open source) dan tingkat security MySQL tergolong bagus dan fleksibel dengan berbagai bahasa pemrograman. DBMS yang satu ini merupakan DMBS yang paling banyak digunakan diseluruh dunia sehingga banyak dukungan komunitas membuat  MySQL menjadi lebih stabil serta tangguh.

2. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah satu jenis RDBMS (Relational Database Manajement System) yang diciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Beberapa kelebihan Microsoft SQL server seperti bekerja dengan baik di OS windows segala versi, bisa clustering data, pengendalian database yang terpusat, dapat melakukan recovery, backup data, restore data, dan masih banyak lagi.

3. Postgre SQL

Postgre SQL merupakan RDBMS atau relational management database system yang memakai SQL sebagai bahasa query utamanya. PostgreSQL mendukung banyak sekali tipe data layaknya string, numerik, tanggal dan waktu seperti MySQL. PostgreSQL juga mendukung tipe data di dalam bentuk geometris, string bit, gambar, pencarian teks, alamat jaringan, Serta JSON.

Kelebihan dari Postgre sql adalah, Open Source, punya keamanan yang baik.
Posting Komentar

Posting Komentar