GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal TOR Browser

Apa itu TOR Browser ?

The Onion Router atau yang lebih dikenal dengan nama Tor Browser adalah sebuah browser website yang menggunakan jaringan Tor guna menyembunyikan identitas dari pengguna serta memberikan rasa aman karena anonimitas dijamin. Tor Browser digunakan agar dapat mengakses internet dengan jaringan TOR, serta bekerja pada semua sistem operasi layaknya Windows, macOS, dan Android.

Tor Browser menyertakan berbagai fitur keamanan seperti pemblokiran iklan dan juga pelacak, serta kemampuan untuk menonaktifkan script JavaScript dan plugin yang tidak berguna, yang berdampak pada privasi dan keamanan pengguna meningkat ketika menjelajahi web.

Mengenal TOR Browser

Sejarah TOR Browser 

Tor Browser adalah versi modifikasi dari browser Mozilla Firefox Tor Browser dikembangkan oleh The Tor Project, sebuah organisasi nirlaba yang memiliki fokus terhadap privasi dan keamanan data. Jaringan Tor ini dikembangkan pertama kali oleh US Navy ditahun 1990-an, ini merupakan cara untuk menyediakan sebuah komunikasi yang tergolong aman serta anonim bagi para prajurit yang berada di lapangan.

Selang beberapa tahun, jaringan Tor Browser kemudian diambil ahli organisasi nirlaba yang The Tor Project, Mereka memperluas penggunaannya sampai ke publik dan mulai mengembangkan browser yang disebut dengan nama Tor Browser ditahun 2002.

Hingga sekarang Tor Browser ini merupakan salah satu browser yang sangat populer untuk masalah privasi.

Kelebihan Tor Browser

  • Dapat mengakses seluruh konten yang ada di browser termasuk dark web.
  • IP Address user tidak dapat diketahui oleh orang lain.
  • Merupakan browser yang dianggap lebih privat dibandingkan browser standar.
  • Menyediakan layanan VPN yang gratis
  • Mempunyai segudang fitur enkripsi dan tracker blocking.

Kekurangan Pada Tor Browser

  • Kecepatan akses internet yang tergolong sangat lambat.
  • Dianggap masih kurang efisien dalam pemalsuan IP Adress.

Kegunaan TOR Browser 

Tor Browser ini sangat berguna untuk kita yang ingin menyembunyikan identitas secara online atau  anonim. kita dapat berselancar di internet dengan bebas tanpa pengawasan pemerintah.

Selain itu, Tor Browser juga berguna bagi mereka yang sangat ingin melindungi privasi saat berselancar di internet. Karena dengan menggunakan TOR Browser lalu lintas internet lewat jaringan relay Tor, sehingga sangat sulit bagi pihak ketiga untuk tahu aktivitas yang kita lakukan. 

Spesifikasi Minimal untuk Installasi Browser TOR

Sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus yang kita butuhkan untuk menginstall Tor Browser. Tor Browser hampir dapat diinstal di semua komputer.

Kita memerlukan setidaknya salah satu dari sistem operasi berikut:
  • OS Windows: Windows 7 atau versi windows yang lebih baru
  • macOS: macOS 10.9 Mavericks atau versi macOS yang lebih baru
  • Linux: semua versi linux didukung
Kita juga wajib memiliki prosesor x86 atau x86-64 serta punya minimal 512 MB RAM untuk menjalankan Tor Browser dengan baik.


Posting Komentar

Posting Komentar