GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Teknologi Proxy Server

Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi kita. Di zaman ini seluruh kegiatan yang kita lakukan hampir menggunakan internet, apalagi sejak covid-19. Kita menggunakan internet mulai dari sekolah, kuliah, bekerja dan hal sebagainya. 

Semakin berkembangnya tenologi, maka semakin besar juga resiko atau ancaman keamanan di internet, oleh sebab itu hadir teknologi Proxy Server.

Mengenal Teknologi Proxy Server

Apa itu Proxy Server?

Sebelum kita mengenal teknologi proxy server, kita harus mengetahui dulu apa itu proxy. Proxy adalah sebuah sistem yang dapat menengahi user dan internet yang berguna untuk menyembunyikan identitas asli dari sipengguna. Jadi, data yang dikirimkan ke website yang dituju itu menggunakan alamat IP proxy server itu.

Nah dari penjelasan di atas, proxy pasti butuh server yang di mana server tersebut dinamakan proxy server. Proxy server adalah sebuah perangkat komputer ataupun sebuah software atau sistem yang berguna untuk memproses sebuah permintaan dari user yang menggunakan proxy dan bertugas sebagai perantara jaringan untuk user dan server tujuan. 

Jadi, saat user mengakses internet ataupun website secara tidak langsung pengguna ke proxy server terlebih dahulu lalu ke website tujuan. Dengan menggunakan proxy aktivitas yang kita lakukan menjadi lebih aman dikarenakan informasi dari user akan disamarkan dengan bantuan dari proxy tersebut. 

proxy server juga tergolong efektif kalau digunakan sebagai gateway yang di mana nantinya semua koneksi yang akan dilakukan sesuai dengan setting yang telah kita tetapkan. 

proxy server juga biasanya dipakai untuk mengamankan jaringan yang sedang terhubung dengan jaringan publik. Biasanya proxy server ditaruh antara aplikasi server dengan aplikasi klien yang di mana aplikasi klien bisa seperti web browser, klien FTP, dan sebagainya. Sedangkan kalau aplikasi server seperti server FTP dan web server.

Jenis-jenis Proxy Server

Berikut ini merupakan jenis-jenis proxy server:

Transparent Proxy

Transparent proxy atau yang lebih dikenal dengan nama inline proxy. Jenis proxy ini adalah perantara dari pertukaran data tanpa memerlukan modifikasi terhadap permintaan yang dikirim maupun diterima dari server. Jenis proxy ini sering digunakan di dalam sebuah jaringan tanpa diketahui oleh user.

Transparent proxy ini biasanya memberikan konten yang ada sebelumnya di cache atau mengalihkan  user ke halaman lain kalau hasilnya tidak sesuai dengan ketentuan. Jenis proxy server ini banyak dipakai oleh seorang operator jaringan. Contohnya kalau kita mengakses sebuah website yang berbahaya, kita dialihkan ke halaman peringatan ataupun internet positif.

Forward Proxy

Forward proxy adalah salah satu proxy server yang sangat sering dipakai. Jenis proxy ini beguna sebagai perantara diantara sekelompok user dengan internet dengan jalur koneksi. Jenis proxy ini juga dapat menyembunyikan IP dari user dari alamat website yang dituju, yang menyebabkan data pribadi kita tetap aman saat kita mengunjungi suatu website.

Reverse Proxy

Jenis selanjutnya adalah reverse proxy, reverse proxy adalah kebalikan dari forward proxy. Kalau Forward proxy banyak digunakan oleh user, kalau Reverse proxy ini banyak digunakan oleh server.

Reverse proxy dapat membuat sebuah permintaan dari user agar tidak semua bisa masuk ke server tujuan secara langsung. Reverse proxy akan menangani permintaan dari user terlebih dahulu. Reverse proxy ini berfungsi agar keamanan server terjaga dari serangan luar. Selain itu, kalau website punya lebih dari satu server, reverse proxy ini bisa menjadi penyeimbang beban traffic dengan cara membagi  permintaan trafic pengguna secara merata.

Web Proxy

Jenis proxy terakhir yang kita bahas adalah web proxy, merupakan forward proxy yang jadi bagian dari browser. Kita dapat menggunakan jenis proxy ini dengan pengaturan di menu setting. Tapi jenis proxy ini sering sekali bermasalah dengan Javascript dan Flash.

Apa manfaat Proxy Server?

Beberapa manfaat Proxy Server adalah :

Menjaga privasi pengguna

Berdasarkan fungsi diatas, proxy server membuat alamat IP dari user disembunyikan dan diganti dengan IP dari proxy server tersebut disaat pengguna sedang mengakses internet sehingga website tidak akan tahu informasi dari user.

Mengakses website yang diblokir

Proxy server bisa mengakses akses konten-konten yang diblokir oleh kominfo ataupun provider tertentu. Ini dikarenakan proxy server dapat menyembunyikan IP user sehingga otomatis permintaan akses ke server yang diblokir akan diizinkan. Karena IP tersebut tidak ada di daftar blokir.

Menghemat penggunaan bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Fungsi caching di proxy server memungkinkan untuk menyimpan cache. Pengguna yang ingin mengakses website yang pernah dituju,  hanya perlu mengakses kembali dari cache. 

Dapat mengontrol penggunaan dari internet

Proxy server juga digunakan untuk menutup akses dari konten-konten yang tidak diizinkan oleh segelintir orang yang mengaksesnya. Misalnya orang tua ingin membatasi akses penggunaan ke website yang berbahaya ataupun tidak layak diakses oleh orang seumuran mereka. 

Meningkatkan keamanan yang lebih baik

Proxy server juga bisa meningkatkan keamanan dalam menggunakan internet. Dikarenakan proxy server mengatur seluruh data yang masuk dan keluar agar terlindungi dari virus dan malware, serta dapat mengatur pertukaran data terenskripsi. 

Kekurangan dari Proxy Server

  • Masih ada kemungkinan terlacak oleh orang lain
  • Tidak bisa melindungi dari serangan siber sepenuhnya
  • Penggunaan proxy yang gratis tergolong berisiko
  • Bisa memantau setiap aktivitas browsing yang kita lakukan
  • Kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu
  • Tidak semua proxy ada sistem enkripsi


Posting Komentar

Posting Komentar