GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Sql Injection dan cara mengatasinya

Apa itu SQL Injection (SQLi)?

SQL Injection adalah sebuah kerentanan keamanan web yang membuat attacker dapat memanipuasi server korban dengan kueri yang telah dibuat oleh attacker. Jenis kerentanan ini termasuk kedalam Broken Access Control, untuk Praktikal dapat baca artikel sebelumnya Owasp Top 10 Series — A1 (Broken Access Control). Biasanya serangan SQL Injection dilakukan oleh attacker untuk mengambil isi database dari sebuah aplikasi. 

SQL Injection secara illegal tentu saja termasuk kedalam ancaman cybercrime, ancaman ini sering kali terjadi dikarenakan developer tidak melakukan filter dengan benar, sehingga attacker dapat menyalahgunakan celah tersebut untuk mengambil database aplikasi tersebut.

Mengenal Sql Injection dan cara mengatasinya

Cara Kerja SQL Injection

SQL injection masih masuk ke dalam Bug Jenis Critical dan masih menjadi Bug Favorit bagi attacker untuk melakukan testing ke Website atau Aplikasi. Ini dikarenakan teknik SQL Injection cukup sederhana namun dampaknya luarbiasa.

Seperti yang saja jelaskan diatas SQL Injection terjadi karena developer tidak memfilter aplikasi dengan benar, sehingga attacker dapat menyalahgunakan celah tersebut untuk mengambil database aplikasi tersebut.

untuk lebih jelasnya bisa memahami vidio dibawah ini :

Apa Itu SQL Injection dan cara mengatasinya

Jenis-Jenis SQL Injection

Berikut ini jenis-jenis Sql Injection menurut akses ke server dan potensi kerusakan yang terjadi :

In-band SQL Injection

Jenis Serangan ini merupakan jenis serangan yang mudah dilakukan dan dipahami oleh attacker, karena hasil atau nilainya nampak, jenis serangan ini ada 2 cara yaitu :

Error-based Sql Injection : Serangan ini memanfaat kesalahan pesan atau respon dari server, attacker memakai informasi yang didapatkan dari pesan itu untuk mempelajari informasi-informasi database server untuk mekekspoitasi lebih lanjut.

Union-based Sql Injection : Serangan ini memanfaatkan operator UNION SQL untuk mendapatkan respon yang digunakan.

Inferential SQL Injection

Jenis serangan Sql Injection ini dilakukan dengan cara attacker memanfaatkan respon server dengan mengirimkan payload (tidak tampil di UI) biasanya serangan ini dinamakan Blind SQLI, Blind SQLI terkategori menjadi:

Time-based Sql Injection: Attacker mengirimkan payload SQL dan menunggu respon sesuai waktu yang ditetapkan di dalam payload.

Boolean Sql Injection: Attacker mengirimkan Payload lalu menunggu respon server, biasanya hasilnya berupa True dan False.

Out-of-band Sql Injection:

Jenis Serangan ini memanfaatkan respon Server melalui saluran keluar, seperti DNS atau protokol HTTP.

Mencegah Serangan SQL Injection

Berikut beberapa cara yang diterapkan untuk mencegah serangan SQL Injection

  • Mengatur validasi input
  • Menggunakan parameterized queries
  • Memasang WAF dan IPS
  • Memasang filter untuk karakter khusus
  • Nonaktifkan fitur SQL standar
  • Mengatur privilege
  • Menggunakan SQL Escape String
  • Mematikan notifikasi error


Posting Komentar

Posting Komentar