GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Pentingnya Keamanan Jaringan

Di zaman sekarang, apalagi setelah kasus Covid-19 Seluruh dunia seperti dipaksa untuk melakukan digitalisasi, serta menggunakan teknologi di setiap kehidupannya. Dengan semakin berkembangnya teknologi akan selaras dengan ancaman ancaman yang terjadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pentingnya keamanan jaringan

Sistem keamanan 

Sistem keamanan ini adalah istilah yang kerap dipakai untuk menjelaskan sebuah sistem, security tools, maupun kebijakan-kebijakan keamanan. Lalu ketiga hal itu sering disebut dengan memantau, mencegah, dan merespons gangguan jaringan dari pihak ketiga atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Sistem kemanan ini melindungi berbagai aset digital yang dimiliki organisasi ataupun perusahaan, termasuk network traffic.

Jenis-Jenis keamanan jaringan

Menurut seorang pakar keamanan jaringan yakni David Icove, keamanan jaringan terbagi menjadi 4 macam yaitu:

Physical Security

Meliputi peralatan, peripheral, serta media yang digunakan oleh organisasi tersebut. 

Keamanan data dan media

Biasanya jenis terjadi pada aplikasi atau sofware yang dimiliki suatu organisasi tetapi tidak kuat sehingga attacker memanfaatkannya untuk hal-hal yang dapat merugikan perusahaan tersebut.

Keamanan dari luar

Jenis keamanan ini biasanya terjadi karna kecerobohan orang lain (human error), biasanya attacker menggunakan metode Social Engineering untuk mendapatkan akses ke sebuah organisasi atau perusahaan.

Keamanan dalam operasi

Salah satu prosedur yang dilakukan guna mengatur sistem keamanan setelah terjadi serangan dari attacker. 

Teknologi yang dapat digunakan guna menjaga Keamanan Jaringan

Kriptografi – Teknologi Kriptografi berupa pengacakan kode serta sandi untuk mengubah informasi perusahaan atau organisasi dari plain text ke encrpty text sehingga tidak bisa dipahami attacker.

Firewall – Sebuah teknologi yang digunakan untuk memblokir lalu lintas internet dari luar dan dalam. dengan menggunakan firewall kita dapat mem-blokir akses dari orang yang tidak dikenal.

Sistem Deteksi Intrusi (IDS) – Merupakan tindakan tambahan untuk melindungi ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab.


Posting Komentar

Posting Komentar