GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Apa itu Data Analyst ?

 Apa itu Data Analyst ?

Data analyst atau analis data merupakan seseorang yang familiar dengan data. Seorang data analyst merupakan orang yang ahli dengan data. Data analyst ini merupakan salah satu pekerjaan di bidang data science. Data science merupakan sebuah metode untuk meneliti serta mengelolah data yang masih mentah untuk menarik sebuah kesimpulan. 

Apa itu Data Analyst ?

Penjelasan lengkapnya, data analysis mempunyai enam siklus atau tahapan yaitu : menemukan sebuah data, menyiapkan sebuah data, merancang sebuah model, membangun sebuah model, mengomunikasikan sebuah data, serta membuat sebuah keputusan berdasarkan data.

Beberapa pengertian data analyst menurut beberapa ahli.

Friedrichsen dkk. (2022) mengatakan bahwa data analyst adalah seseorang yang sudah profesional pada bidang data serta mempunyai kemampuan untuk melakukan analisis serta membuat visualisasi data-data internal dengan tujuan untuk membantu sebuah organisasi atau perusahaan dalam membuat keputusan.

Chojecki (2020), mengatakan bahwa data analyst merupakan sebuah profesi yang mana bertugas untuk mengolah data dalam jumlah sangat besar yang bertujuan untuk mempermudah organisasi atau perusahaan untuk membuat suatu keputusan.

Murray (2013) mengatakan bahwa data analyst adalah seseorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengumpulkan sebuah data lalu mengubahnya kembali menjadi sebuah informasi yang akan dipakai orang lain nantinya.

Dari berbagai pengertian para ahli, dapat kita ambil kesimpulan bahwa, data analyst merupakan sebuah profesi yang mana membutuhkan kemampuan untuk menganalisis serta mengolah sebuah data yang akan diinformasikan kembali agar dapat dipakai orang lain untuk mengambil sebuah keputusan.

Jenis-jenis Data Analyst 

Setelah kita mengetahui pengertian Data Analytics, selanjutnya Kita harus mengetahui jenis-jenis data analyst:

Descriptive Analyst 

Data Analyst jenis ini adalah untuk mengetahui apa saja yang pernah terjadi di masa lalu. biasanya jenis ini digunakan untuk melihat trend yang sedang terjadi.

Diagnostic Analyst 

Data Analyst jenis ini yaitu mempertimbangkan kenapa sesuatu dapat terjadi, dengan cara membandingkan sekumpulan data deskriptif untuk mengidentifikasi dependensi serta pola. biasanya jenis ini digunakan untuk menentukan respon dari user.

Predictive Analyst 

Jenis data ini untuk mengambil tindakan proaktif suatu organisasi atau perusahaan seperti menjangkau pelanggan baru, memperpanjang kontrak, dan lain sebagainya.

Prescriptive Analyst 

Digunakan untuk mengatasi masalah-masalah potensial yang ada di trend industri masa kini.

Kemampuan Wajib bagi seorang Data Analyst

Menurut buku Data Science Fundamentals and Practical Approaches (2020), Sebagai seorang Data Analyst kita harus memiliki beberapa kemampuan seperti :

Kemampuan Analisis

Sudah jelas kita membahas Data Analyst pastinya harus memiliki kemampuan untuk menganalisis. Kemampuan analisis yang diperlukan khususnya terkait dengan data. Kita dituntut agar selalu critical thinking atau berpikir kritis agar kita dapat menafsirkan data dengan akurasi yang tinggi.

Pemrograman

Meskipun Pemograman itu mengacu pada Data Scientist, tapi sebagai seorang data analyst juga harus mempelajari bahasa pemograman, contohnya SQL. 

SQL adalah salah satu bahasa pemograman yang tergolong penting untuk dikuasai karena SQL berguna untuk mengelola serta mengolah data yang kita punya.

Visualisasi Data

Seorang data analyst pasti akan mengambil sebuah keputusan berdasarkan data yang dipunyainya, maka dari pada itu kita harus memahami juga tentang visualisasi data agar memudahkan orang lain untuk tau gambaran mengenai data yang kita ambil tersebut.

Pengetahuan Bidang Statistik

Pemahaman lainnya yang kita perlukan adalah pemahaman terkait statistik. Terdapat dua jenis statistik yang wajib kita ketahui, yaitu statistik ringkas serta statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Komunikasi serta Presentasi

Setelah kita mempunyai kemampuan-kemampuan diatas, kemampuan terakhir adalah kemampuan untuk komunikasi dan presentasi. Kedua hal itu sangat membantu saat kita sedang menyampaikan ide atau gagasan mengenai data yang telah kita olah.

Posting Komentar

Posting Komentar