GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Dedicated Server: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan & Kekurangan

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika kita ingin membuat sebuah website. Selain memilih nama domain yang unik, kita juga perlu hosting untuk mengelola website kita agar selalu terlihat cantik dan juga menarik. Jika kita adalah seorang developer, kita harus memilih hosting yang lebih bagus yakni yang menggunakan dedicated server. Saat ini, terdapat dua jenis server yang sering digunakan oleh developer website guna menjalankan hostingnya, yakni Dedicated Server dan Cloud Server (VPS).

Apa Itu Dedicated Server?

Dedicated server adalah sebuah layanan server hosting yang digunakan oleh developer untuk satu orang pengguna saja.

Jadi, dalam satu server itu hanya dimiliki dan digunakan oleh satu pengguna.

Beda dengan layanan shared hosting, yang dimana satu server digunakan untuk banyak pengguna sekaligus.

Jadi dapat dikatakan bahwa, semua situs-situs yang kita kunjungi secara online itu sebenarnya juga mempunyai lokasi fisik, yaitu server fisik tersebut.   

Tinggal kita memilih server mana yang mau kita gunakan, kita mau menyewa satu server utuh atau  hanya menyewa shared hosting.

Agar website kita dapat diakses oleh banyak orang, kita juga perlu untuk menyewa atau membeli penyimpanan didalam web server, yang dimana banyak disediakan oleh perusahaan-perusahaan penyedia web hosting.

Biasanya, kalau layanan penyedia hosting itu menawarkan berbagai jenis web hosting, mulai dari layanan shared hosting server, Cloud VPS Server, hingga layanan dedicated server.    

Kalau kita memilih layanan dedicated server, kita nantinya akan menyewa satu server fisik penuh untuk menjalankan website yang kita punya.

Oleh karena itu, kita tak perlu berbagi sumber daya server dengan pengguna lainnya seperti bandwidth, disk space, processor, RAM, dan lain sebagainya.

Dedicated server tidak hanya sebatas untuk website saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti email, aplikasi, dan bahkan untuk game hosting.

Mengenal Dedicated Server: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan & Kekurangan

Layanan Seperti apa Dedicated Server?

Dedicated server adalah layanan hosting yang dimana mereka menawarkan kita sebuah server yang untuk satu pengguna saja. Dengan dedicated server ini, kita bisa menggunakan seluruh sumber daya yang ada di server secara optimal.

Dedicated server juga memungkinkan penggunanya memiliki akses ataupun kendali penuh terhadap server fisik mulai dari menentukan jenis OS atau visualisasi yang diinginkan. Selain itu, pengguna juga bisa memasang sistem operasi serta perangkat lunak yang kira-kira dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan server itu sendiri.

Cara Kerja Dedicated Server

Dedicated server biasanya satu server fisik yang masih dalam keadaan kosong atau belum diisi oleh sistem operasi, panel atau aplikasi pendukung lainnya.

Jadi saat kita punya akses ke server, kita langsung bisa melakukan setup website kita mulai dari installasi sampai ke development website. Seperti yang saya jelaskan diatas, dedicated server ini khusus untuk kita sendiri, tidak ada orang lain. Sehingga Website kita otomatis lebih aman.

Nah yang perlu diperhatikan yaitu sebelum kita membeli layanan dedicated server, kita harus mempunyai skill untuk mengelola server.

Terdapat dua jenis hosting berdasarkan pengelolaanya, yaitu jenis hosting managed dan jenis hosting unmanaged.

Jenis Hosting Website

Terdapat dua tipe yang berbeda, yakni:

1. Managed server hosting 

Jika kita memilih jenis managed server hosting, kita tidak perlu untuk melakukan maintenance pada server kita. Dikarenakan mulai dari proses administrasi, manajemen, update, pemeliharaan, monitoring, hingga ke pemindaian virus bahkan sampai ke tahap pengaturan konfigurasi firewall; akan ditangani oleh penyedia layanan hosting yang kita sewa.

Namun kita tetap diberikan akses root penuh terhadap server yang kita sewa tersebut.

2. Unmanaged server hosting

Kalau jenis unmanaged server hosting ini berbeda dengan tipe yang diatas, tipe ini memberikan kebebasan kepada kita untuk mengeksplorasi server kita sendiri, Mulai dari administrasi hingga pengaturan atau konfigurasi.

Perlu diingat, tipe ini disarankan untuk perusahaan yang memang memiliki technical team yang menguasai seluk beluk dari pengoperasian server. 

Kelebihan Dedicated Server

Beberapa kelebihan Dedicated Server yang perlu kita ketahui.

1. Performa yang Maksimal

Seperti penjelasan diatas, kalau dedicated server itu memberikan peforma yang maksimal karena hanya kita yang menggunakan server ini, tidak ada orang lain. Jadi, kendala-kendala seperti downtime ataupun loading time yang sering dialami pengguna lain dapat kita minimalisir dengan sangat baik.

2. Akses serta Kontrol Penuh

Pengguna diberikan sebuah akses root atau kontrol penuh dari server. Selain itu, kita juga bisa dengan mudahnya menambahkan perangkat lunak yang kita butuhkan serta memilih sistem operasi apapun yang kita inginkan.

3. Privasi serta Keamanan Terjamin

Privasi serta keamanan menjadi faktor utama yang ditawarkan oleh jenis Dedicated server, terlebih lagi untuk perusahaan atau organisasi yang terkenal atau sudah besar. Dedicated server ini dapat memberikan privasi serta keamanan yang tergolong terjamin daripada VPS atau Shared Hosting dikarenakan pengguna tidak berbagi server dengan pengguna lain serta seluruh isi di dalamnya hanya dimiliki satu pengguna saja.

4. Efisiensi Waktu dan Biaya

Jika sebuah organisasi ataupun perusahaan menggunakan layanan dedicated server, kita sebenarnya sudah mengefisiensikan waktu dan biaya. Karena biasanya kalau tim teknis dari perusahaan penyedia layanan dedicated server tersebut melakukan perawatan yang rutinan terhadap server yang dipunyainya, jadi kita tidak usah mengeluarkan biaya lagi untuk perawatan server.

Kapan Harus Beralih Menggunakan Dedicated Server?

  • Saat sumber daya dirasa tidak cukup lagi
  • Saat server sering mengalami downtime
  • saat loading time server lama

Cara Memilih Layanan Dedicated Server yang Tepat

ketika kita ingin memakai layanan dedicated server, beberapa aspek yang perlu kita perhatikan seperti:
  • Spesifikasi server yang memadai
  • Keamanan yang baik
  • Teknisi yang berpengalaman
  • Layanan custome 24/7

Siapa yang Cocok Memakai Dedicated Server?

Dedicated server sebenarnya tidak cocok untuk digunakan semua orang, karena dedicated server membutuhkan skill yang khusus dalam mengelola server.

Dedicated server sangat cocok untuk website yang memang memiliki trafik besar sehingga resource yang dibutuhkannya juga besar. Jika kebutuhan website masih tergolong kecil, maka idak disarankan untuk menggunakan dedicated server dikarenakan resourcenya yang tidak akan maksimal.

Beberapa Pengguna yang memang cocok untuk menggunakan layanan dedicated server yaitu:

  1. Website toko online atau sebuah ecommerce
  2. Website organisasi atau perusahaan besar
  3. Website pemerintahan yang traficnya memang tinggi
  4. Website yang mempunyai portal berita
  5. Website yang didalamnya terdapat bisnis
Posting Komentar

Posting Komentar