GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Program Sederhana untuk Melatih Logika Looping

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Istilah Pemrograman untuk Programmer Pemula di artikel kali ini kita akan membahas Program Sederhana untuk Melatih Logika Looping .

Terdapat tiga jenis algoritma yang biasanya kita jumpai di dunia pemrograman. jenis-jenis algoritma tersebut merupakan algoritma runtunan atau sekuensial (sequence), algoritma pemilihan (selection), dan algoritma pengulangan (iteration atau looping).

Program Sederhana untuk Melatih Logika Looping

Apa itu Looping ?

Looping merupakan urutan perintah secara terus menerus diulang sampai suatu kondisi yang diinginkan oleh developer itu tercapai. Kondisi yang dimaksud bisa dalam bentuk yang berbeda-beda entah itu memproses data, menampilkan data, atau yang lainnya secara berulang.


Jenis-jenis Looping

Terdapat beberapa jenis looping :

While loop

Biasanya jenis looping ini dipakai untuk mengulangi kode tertentu hingga suatu kondisi terpenuhi. 

Contoh: 

Kalau kita ingin mau menanyakan antara angka 1 dan 10 pada user. Namun kita tidak mengetahui angka yang user masukkan, bisa jadi user memasukkan angka yag lebih dari 10 berulang-ulang, sehingga program akan terus menanyakan pertanyaan yang sama 'selama angkanya tidak di antara 1 dan 10’

Do while loop

merupakan sebuah control flow statement yang akan menjalankan kode paling tidak sekali dan  secara berulang menjalankan kodenya tergantung pada kondisinya untuk menjalankan kodenya diakhir

For loop

merupakan sebuah statement control flow untuk iterasi khusus, yang dapat membuat kode dijalankan berulang. jenis Loop ini digunakan kalau kita mengetahui seberapa banyak user akan menjalankan bagian dari kode ini.

Logika Looping

Logika looping... terdengar keren bukan ? Logika ini biasanya digunakan agar bisa menjalankan kode atau instruksi berulang-ulang higga kondisi terpenuhi. kategori logika ini terbagi menjadi entry controlled loop dan exit controlled loop.

Entry controlled loop

Entry controlled loop adalah kondisi pengujian yang dilakukan diawal program. 

Exit controlled loop

Exit controlled loop adalah kondisi pengujian atau evaluasi yang dilakukan di akhir program. Biasanya digunakan saat ada kode harus dieksekusi lebih dari satu kali. 


Posting Komentar

Posting Komentar