GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Istilah Pemrograman untuk Programmer Pemula

Apa itu Pemrograman ?

Pemrograman atau coding umumnya merupakan sebuah proses kreatif baik itu menulis, menguji dan memperbaiki (debug), serta memelihara kode yang dimana kode tersebut berguna untuk memerintahkan komputer bagaimana melakukan sebuah tugas. Biasanya orang yang bisa coding atau pemrograman disebut programmer.

Biasanya coding ditulis dalam bahasa pemrograman, proses pemrograman itu kerap membutuhkan dalam logika, algoritma, dan juga tentunya keahlian matematika. Saat ini ngoding cukup diminati oleh orang banyak, dikarenakan di tahun 2023 ini sudah 5.0 dan industry 4.0 yang berkiblat pada AI atau kecerdasan buatan, IoT, dan Cloud Computing.

Istilah Pemrograman untuk Programmer Pemula

Istilah dalam dunia coding

Jadi coding juga punya yang namanya istilah, tapi tenang, itu tidak akan sesusah bahasa/kode wanita :). Jika kamu ingin mempelajari coding, ada beberapa istilah yang sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu, gunanya apa ?, agar tidak pah poh atau mempermudah belajar coding nantinya. 


Back-End Developer

Back-End Developer merupakan programer yang bertanggung jawab untuk mengurus hal-hal yang terjadi balik aplikasi “sisi server” karena berjalan di server situs web dan tidak di komputer user sehingga user tidak akan melihat backend aplikasi tersebut. Back end terdiri dari tiga bagian utama: server, database, dan aplikasi

Bug

Bug adalah sebuat kecacatan atau kerentanan yang ada di aplikasi itu sendiri, celah keamanan ini mungkin saja dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, jadi alangkah baiknya agar developer meminimalisir kerentanan tersebut.

Recursion

Recursion adalah sebuah perintah yang dapat memerintahkan code itu mengulang terus menerus sebuah proses sampai proses itu dihentikan oleh kondisi semula. Hal ini buat recoursion menjadi metode yang dianggap penting di dunia pemrograman.

Di saat-saat tertentu, konsep ini digunakan untuk mendefinisikan sebuah permasalahan yang ada pada aplikasi tersebut (debug). Selain itu Recursion bisa menjadi bantuan untuk mengekspresikan suatu algoritma yang menjadikan sebuah tampilan algoritma yang mudah untuk dianalisa.

SDK (Software Development Kit)

SDK adalah seperangkat alat dan program perangkat lunak yang dipakai developer untuk membuat aplikasi atau platform tertentu. Tools SDK biasanya mencakup banyak hal seperti library, dokumentasi, contoh kode, proses, maupun panduan dimanfaatkan dan diintegrasikan oleh developer ke aplikasi mereka sendiri.

Sitemap

Sitemap atau Peta Situs adalah model atau kerangka dari sebuah konten di situs web yang dirancang untuk mesin pencari melakukan navigasi pada situs tersebut. Sitemap biasanya berisi daftar halaman yang disusun berdasarkan topik, dokumen XML yang berisi instruksi untuk bot mesin pencari.

Web Server

Umumnya Web Server adalah sebuah software yang menyediakan layanan khusus basis data dan berguna menerima permintaan  dari HTTP atau HTTPS pada user yang kita kenal dengan nama web browser (Brave, Mozilla Firefox, Google Chrome) untuk mengirimkan kembali data tersebut yang hasilnya berbentuk halaman web.

Code

merupakan bahasa yang memiliki syntax dan aturan (rule) ketat. Digunakan oleh programmer untuk memerintahkan aplikasi itu sendiri.

CSS (Cascading Style Sheets)

CSS atau Cascading Style Sheets biasanya digunakan untuk mendesain tampilan website mulai dari  jenis font dan warna, dan sebagainya pada website.

Data Base

Data Base merupakan kumpulan data atau informasi yang disusun sedemikan rupa di web server dengan ketentuan atau aturan yang diatur sedemikian rupa agar user dapat mudah mendapatkan informasi yang ada pada website itu sendiri.

Front-End Developer

Kalau Front-End Developer itu kebalikan dari Back-End Developer. Kalau Back-End Developer bertanggung jawab di sisi belakang atau server harusnya Front-End Developer bertanggung jawab pada "sisi klien", jadi apapun yang dilihat oleh Client merupakan tugas dan tanggung jawab Front-End Developer.

Full-Stack Developer

Kalau Front-End Developer mengurusi sisi klien dan Back-End Developer mengurusi sisi server maka Full Stack Developer adalah gabungan dari tugas Front-End Developer dan Back-End Developer

HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language (bukan bahasa pemograman). Dibilang hypertext karena di HTML mempunyai text biasa yang dapat berfungsi lain, kita membuatnya menjadi sebuah link yang bisa berpindah ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik text HTML tersebut.

JavaScript

JavaScript itu baru bahasa pemrograman, sifat Javascript adalah Client Side Programming Language, Javascript ini dapat berjalan di seluruh browser, bahkan pada aplikasi. Javascript sudah hampir menguasai bahasa pemograman (terfavorit) walaupun memang banyak kontroversinya. 

Agile atau Agile Software Development

Agile merupakan metode development software website, web application, maupun mobile application yang terfokus untuk membuat secara konsisten sebuah software yang berkualitas tinggi hingga bisa menaikkan nilai jual serta meminimalisir dana proyek.

AJAX (Asynchronous JavaScript and XML)

Merupakan sebuah teknik yang memungkinkan untuk membuat aplikasi website menjadi interaktif. Pemanfaatan AJAX pada aplikasi website dilakukan agar aplikasi dapat berkomunikasi dengan server pada background (dibelakang layar). Jadi tidak akan mempengaruhi aplikasi.

Algorithm

Algotithm atau algoritma adalah kumpulan perintah yang dipakai oleh programer untuk menjalankan perintah lainnya. Semakin efisien seorang programmer dalam membuat algoritma  maka program akan semakin cepat berjalan.

API (Application Programming Interface)

API atau Application Programming Interface merupakan sistem atau protokol yang membangun aplikasi perangkat lunak dan berjalan di balik layar juga. API tugasnya adalah menyampaikan suatu perintah dari user kepada aplikasi .

jQuery

jQuery merupakan sekumpulan fungsi JavaScript yang dapat memudahkan penulisan kode JavaScript.

Minimum Viabel Product (MVP)

MVP adalah sebuah produk yang dibuat dengan fitur yang cukup minimal dengan waktu yang sangat cepat, namun biasanya berisi kebutuhan inti dari user. MVP biasanya dipakai untuk melakukan test oleh user experience designer dari konsep atau ide yang sudah dibuatnya sehingga dapat membaca arah pasar produk yang sedang dikembangkannya.

Mood Board

Mood Board adalah kumpulan konten yang memperlihatkan bentuk visual dari website yang diracang seperti warna, icon, gambar, font maupun objek lain yang diperlukan.

Methods/Functions

Method atau Function adalah sebuah kode blok yang biasanya dipakai kembali untuk melakukan proses tertentu dalam sebuah program. jadi daripada programmer menuliskan program yang sama berulang-ulang (tidak efisien), akan lebih efektif dan efisien untuk menggunakan functions.

Native Ads

Native ads merupakan salah satu format iklan yang muncul di sebuah aplikasi atau game. Native ads ini tidak terlalu mengganggu user yang mengunjungi website itu, karena dirancang sedemikian rupa agar tidak mengganggu user.


Posting Komentar

Posting Komentar