GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Teknologi NFC dan resikonya

 Apa itu NFC ?

Meskipun kita sering mendengarnya, pasti masih banyak yang sama sekali tau tentang fitur ini. Menurut Tech Radar, NFC atau near field communication merupakan sebuah fitur yang bisa melakukan transfer data ataupun file dari perangkat satu ke perangkat lainnya tanpa perlu kabel.

Hmmm, menarik. jadi NFC sama dengan Bluetooth ?

Memang fungsinya hampir sama, namun NFC jauh lebih cepat dan jauh lebih mudah karena kita hanya perlu menempelkan atau mendekatkan dua smartphone untuk transfer file. Kita juga harus memastikan kalau kedua alat itu (smartphone) mempunyai fitur NFC, ya kalau tidak pasti tidak bisa.

Dilansir dari Digital Trends, bahwa NFC itu merupakan hasil pengembangan dari teknologi radio-frequency identification (RFID).

Meskipun terdengar Overpower tapi salah satu kelemahan terbesar dari NFC adalah Jarak. yaa, jaraknya sangat terbatas, Supaya bisa transfer file antar perangkat jaraknya harus sangat dekat, sekitar 4 cm.

NFC atau near field communication merupakan sebuah fitur yang bisa melakukan transfer data ataupun file dari perangkat satu ke perangkat lainnya tanpa perlu kabel.


Sejarah NFC

NFC pada awalnya hanya bermula dari identifikasi frekuensi radio. Sebenarnya NFC ini adalah bagian dari frekuensi radio hanya saja jangkauan yang lebih pendek dengan tujuan keamanan.  nah dari frekuensi ini memungkinkan bagi perangkat keras yang dirasa kompatibel untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan tag elektronik pasif serta tidak memakai gelombang radio. Biasanya untuk melakukan identifikasi, otentikasi serta pelacakan. tapi seiring berjalannya waktu ide ini dikalahkan sama teknologi seperti QR code serta barcode.

Diawal tahun 1983, RFID atau radio frekuensi melakukan paten pertamanya, paten ini diberikan kepada Charles Walton. Lalu di tahun 1997, bentuk awal dipatenkan serta digunakan untuk pertama kali pada mainan Star Wars. Kemudian pada awal tahun 2002, Philips dan Sony setuju menetapkan sebuah spesifikasi untuk teknologi dari NFC. Pada akhirnya di tahun 2004, Nokia, Sony serta Philips melakukan perundingan untuk membentuk dan membangun forum teknologi NFC ini.

Kemudian grup yang dibentuk oleh ketiga perusahaan raksasa komunikasi itu mendedikasikan uang dan waktu untuk melakukan promosi tentang betapa mudahnya dan amannya jika menggunakan perangkat NFC, yang tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah keberhasilan produksi NFC itu sendiri.

Jika ada yang ingin membuat sebuah perangkat memakai NFC maka mereka harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh forum NFC itu. Tujuannya adalah untuk memastikan kalau setiap pengguna perangkat NFC apapun dapat memakai perangkat NFC lainnya.

Di awal tahun 2006, forum NFC tersebut melakukan produksi set perangkat NFC. NFC itu merupakan benda yang mempunyai ukuran yang relativ kecil, ringan layaknya sticker. Walaupun perangkat ini kecil tetapi perangkat ini punya informasi yang bisa disematkan di sebuah perangkat layaknya Smartphone. 

Di pertengahan tahun 2009, NFC untuk yang pertama kalinya diterapkan dalam bidang transportasi oleh perusahaan China Unicom dan Yucheng Transportation Card tujuannya untuk jalur trem serta bus.Kemudian kartu transportasi dengan NFC tadi jadi diterapkan di jaringan metro oleh perusahaan China Unicom di Beijing di sekitaran akhir tahun 2010. Disaat itu juga HP Nokia 6131 jadi ponsel pertama yang memiliki fitur NFC.

Sembari zaman berkembang semakin banyak pula teknologi yang berkembang mulai itu dari metode transaksi, share file foto ataupun video antar Smartphone serta perangkat NFC lainnya. Diakhir tahun 2010, Perusahaan teknologi Samsung Memproduksi Samsung Nexus S yang menjadi Smartphone Android dengan NFC pertama didunia.

Pada awal taun 2013, Perusahaan Samsung melakukan kerjasama dengan perushaan VISA.disaat itu, Samsung dan VISA mengumumkan bahwa kerjasamanya yaitu membangun pembayaran secara non tunai atau elektroni. Pada tahun yang sama, perusahaan IBM juga sedang mengembangkan teknologi keamanan yang mana terotentikasi seluler berbasis NFC. Hal ini bertujuan agar menekan jumlah penipuan dan pelanggaran keamanan yang telah terjadi. 

Kemudian Perusahaan Swatch dan Perusahaan VISA juga mengumumkan kerjasamanya Di awal November 2015. Kedua perusahaan tersebut melakukan kerja sama dengan tujuan untuk mengaktifkan transaksi keuangan NFC dengan menggunakan media jam tangan. Jam tangan yang diluncurkan pada merupakan model Swatch Bellamy.

Tak lama setelah itu masih di tahun yang sama, Perusahaan Google Android Pay diluncurkan dan bersaing dengan produk-produk dari perusahaan Apple yaitu Apple Pay.

Cara Kerja dari NFC

Masih sama dengan dengan teknologi WIFI, teknologi NFC juga bekerja pada prinsip pengiriman serta serta penerimaan informasi melalui dari gelombang radio. NFC atau yang merupakan kepanjangan dari Near Field Communication mempunyai standar untuk mentransmisi datanya, seperti yang saya sebutkan di atas.

Dikarenakan gelombang radio frekuensi yang dihasilkan oleh perangkat NFC tergolong tinggi maka dari pada itu jika kedua NFC di dekatkan akan menimbulkan gelombang elektromaknetik. itu berbanding lurus dengan induksi maknetik karna induksi magnetik itu lah yang bisa memindahkan energi serta bisa memindahkan data antar perangkat.

Fungsi NFC dalam kehidupan sehari-hari

Dari penjelasan diatas sekarang kita jadi tahu bahwa fungsi NFC adalah untuk mentransfer file antar perangkat. tapi fiturnya bukan hanya itu saja. berikut fungsi dari NFC :

Melakukan berbagai transaksi digital

Salah satu fungsi yang sangat berguna dari NFC yaitu sebagai alat pembayaran digital. fitur ini cocok untuk yang tidak mau membawa uang banyak setiap kali ingin bertransaksi. dengan NFC ya tinggal tempel saja ke mesin sensor tapi secepat itu juga uang pergi :)

Mengecek serta mengisi saldo uang digital

jika kita mempunyai NFC, kita juga bisa mengisi saldo di kartu itu, misalnya saldo e money atau e tool. di fitur ini kita bahkan bisa langsung Top Up lewat Smartphone tapi ingat harus ada juga uangnya :')

Berbagi file antar perangkat 

Salah satu fungsi dari NFC yaitu untuk berbagi file seperti Bluetooth. Jenis file yang dapat dikirim memakai NFC berupa foto, video, kontak hubung, serta aplikasi. bukan hanya antar Smartphone file-file ini juga bisa dikirim ke perangkat lain seperti laptop.


Melakukan pengisian daya smartphone

Salah satu fitur yang menurut saya pintar adalah fitu pengisian daya smarphone menggunakan NFC, ya memang fitur ini belum bisa dipakai di kebanyakan smartphone, namun kita tunggu saja perkembangan zaman kedepannya.

Berbagai fitur kesehatan

Saat ini sedang gencar-gencarnya teknologi NFC di dunia kedokteran. Penggunaan NFC di fasilitas rumah sakit berguna untuk melacak informasi dari pasien dan menjadi catatan para dokter secara real time.

Jenis Jenis NFC 

Secara umum hanya terdapat dua jenis dari perangkat NFC yaitu NFC Aktif dan NFC Pasif. 

Active NFC Device

jenis perangkat ini bisa mengirim data serta menerima data dari perangkat pasif serta bisa juga berkomunikasi dengan perangkat aktif lainnya.

Passive NFC Device

Kalau jenis perangkat ini bisa mengirimkan informasi keperangkat NFC lainnya tanpa sumber daya .

Kelemahan teknologi NFC

Mahal

Terntu saja kualitas berbanding lurus dengan harga, semakin bermanfaatnya benda tersebut maka nilainya semakin mahal, begitu juga dengan fitur NFC.

 Hanya bisa digunakan pada jarak yang dekat

Kelemahan yang paling besar lainnya adalah pada jarak, memang sih kata perusahaan pembuat NFC bahwa jarak itu agar menjaga keamanan transaksi data itu sendiri, tapi dari kelemahan tersebut beberapa orang menganggap bahwa teknologi ini ribet untuk digunakan.


Tips mencegah pencurian data fitur NFC

dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan perangkat NFC terhadap pencurian data, terutama pada NFC yang berbasis kartu. Pratama Persadha, Chairman CISSReC menjelaskan beberapa cara untuk mencegah pencurian data terjadi.

  • Cara yang paling mudah dan praktis tidak lain adalah menjauhkan perangkat NFC kita paling tidak 10 cm pada pelaku.
  • Cara kedua bisa dengan cara melapisi kartu NFC kita menggunakan alumunium foil agar pelaku tidak dapat membaca isi dari NFC kita.
  • Ketiga kalau memang kita tidak mau memakai fitur NFC, kita dapatmembakar chip yang ada pada kartu NFC dengan cara meletakkannya di microwave sekitar10 detik.
  • Kartu NFC dapat menerapkan sistem Public Key Infrastructure (PKI) agar pertukaran data  antara kartu dan alat reader aman.
Posting Komentar

Posting Komentar