GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Cara Kita Mengenali Situs Web Yang Aman Agar Terhindar Dari Phishing

Internet atau bahasa kerennya interconnected network adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang berguna untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. KBBI sendiri mengartikan internet sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet.


di postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang Cara Kerja Jaringan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari sekarang kita akan membahas bagaimana cara kita mengenali suatu situs web yang aman agar terhindar dari phising.

Apa itu Phising ?

Cara Kita Mengenali Situs Web Yang Aman Agar Terhindar Dari Phishing


Phising merupakan sebuah usaha yang dilakukan penyerang agar mendapatkan informasi atau data seseorang dengan menggunakan teknik pengelabuan. Biasanya sasaran phising yaitu data pribadi, data akun, lalu data finansial.

Cara Kita Mengenali Situs Web Yang Aman


Cek URL situs

nah cara pertama merupakan cara yang sangat mudah, kita cukup melihat URL dari situs yang kita tuju. nanti akan kelihatan protolkol dari website itu sendiri (HTTPS atau HTTP), nama domain, hingga top-level domain (.com, .net, .co.id, .biz, dsb). Misalnya https://www.rebelsec.id

Biasanya website yang menggunakan protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), cenderung lebih aman dan dapat dipercaya daripada dengan situs yang cuma menggunakan HTTP.

https://www.rebelsec.id lebih aman dibanding http://www.rebelsec.id

Karena HTTPS itu menyediakan otentikasi dan terenkripsi. tapi ini tidak bisa menjadi patokan, perlu diingat juga kalau website dengan tag HTTPS bisa juga berpotensi untuk scam atau penipuan. jadi penting untuk kita memverifikasi dengan cara lainnya.

Kedua, nama domain. kita sendiri harus jeli untuk membaca nama domain yang digunakan oleh situs web itu sendiri.

Kalau penipu menggunakan nama domain yang meniru situs terkenal, biasanya mereka menggunakan tanda hubung, atau pun simbol-simbol yang tak lazim, ataupun menggunakan top-level domain (TLD) seperti .xyz dan .us, dan sebagainya maka situs tersebut patut dicurigai.

https://www.bca.co.id = Situs resmi
https://www.bca.co.uk = Phising
https://www.bc4.co.id = Phising 
https://www.bca.phising.co.id = Phising 

Periksa Umur Domain

Umur domain menjadi hal yang harus dipertimbangkan saat mengunjungi sebuah website. apalagi kamu memiliki kecurigaan terhadap website tersebut.

Website yang palsu biasanya memakai nama domain dengan Umur yang masih baru. kenapa ?. ya karna untuk menipu. Tidak jarang mereka membuat domain baru untuk menipu orang banyak.

Bukan itu saja, website palsu juga memanfaatkan peluang yaitu di waktu tepat. Biasanya saat ada pendaftaran sekolah atau orang-orang sedang melamar pekerjaan atau isu isu lainnya. 

Cek domain tersebut lewat "Who Is"

Tips selanjutnya yaitu dengan cara melihat siapa yang telah mendaftarkan nama domain situs tersebut.

Ketika mendaftarkan domian, pendaftar wajib menyantumkan informasi atau data dirinya, entah berupa kontak pribadi atau perusahaan.

Biasanya kita dapat mengetahui informasi tersebut mengunjungi www.whois.net.

kalau memang domain itu mencurigakan kemungkinan besar ada perbedaan antar nama pendaftar dan kontaknya.

Contohnya, nama pendaftarnya adalah "Warren Buffed", namun alamat e-mailnya justru tegaranugrah@tempmail.com. Kemungkinan besar pemilik domain menyembunyikan keaslian dari domain tersebut.

Cek Isi atau Konten Website

Setiap website termasuk website palsu pasti memiliki yang namanya konten, namun biasanya kalau web palsu isi dari kontennya pasti tidak berkaitan dengan web yang asli.

Website penipuan biasanya dibuat dalam waktu yang cukup singkat sehingga mereka kurang memperhatikan yang namanya tanda jasa, ataupun SEO. makanya salah satu ciri website palsu yaitu gaya penulisannya alay dan banyak typo. 

Selain dari gaya penulisan yang alay dan banyak typo. 


Posting Komentar

Posting Komentar