GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Hyperlink Pada Internet : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh

Apa itu Hyperlink ?

Merupakan istilah yang mengacu pada cara menghubungkan antara halaman satu dengan halaman lainnya. Biasanya Hyperlink dimanfaatkan oleh orang-orang di berbagai hal, dari membuat presentasi sampai menghubungkan database website.

Mengenal Hyperlink Pada Internet


Hyperlink atau link bisa untuk menghubungkan beberapa file, objek, halaman website, ataupun hal lainnya.

Saat kita mengklik suatu link maka kita akan di bawa ke halaman yang sudah di atur, gunanya untuk memudahkan kita saat membuka file ataupun dokumen lain.

Hyperlink juga membantu pembaca supaya bisa pindah dari halaman yang satu ke halaman hanya dengan satu perangkat komputer saja.

Fungsi Hyperlink

Fungsi dasarnya yaitu memudahkan para pembaca dalam mengakses halaman lain yang dimana para pembaca cukup klik halaman itu, maka akan langsung diarahkan ke halaman yang ingin dituju.

Hyperlink ini merupakan fungsi HTML yang dapat membuat para pembaca menuju informasi lainnya secara singkat.

Biasanya, teks yang disisipkan memakai hyperlink bisa dibedakan dengan tulisan biasa. Hyperlink akan ditandai warna biru, saat kursor komputer diarahkan ke tulisan yang ada hyperlink maka warna akan menjadi biru dan tampilan kursor menjadi gambar tangan.

Jenis-Jenis Hyperlink

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa hyperlink ialah fitur yang berguna untuk membuat shortcut dengan melompat ke halaman ataupun dokumen lainnya.

Beberapa jenis Hyperlink:

1. Absolute Address

Biasanya perlu koneksi internet untuk membuka link ini karena langsung diarahkan ke external url atau alamat situs tertentu. 

Umumnya, jenis ini sangat sering kita temukan diberbagai situs internet. biasanya penulis membuat  url referensi dari artikelnya, dan itu menggunakan Absolute address.

2. Relative Address

nah kalau Absolute tadi megarah ke URL external, kalau jenis ini biasanya masih dalam URL yang sama, misalnya URL/PATH (www.rebelsec.id/PATH)

3. Link Section

Fitur ini biasanya ditemui di Ms. Excel, Ms. Word, ataupun Ms. Power Point. Bahkan, bisa digunakan membuat suatu kamus pribadi dengan cara melakukan tautan di berbagai istilah asing ke dalam dokumen dengan file yang isinya menjelaskan istilah-istilah asing tersebut.

Contoh Hyperlink

Penerapannya di halaman website yaitu dengan membuat kode HTML tag <a>, dengan rumus <a href=”URL situs Anda”>Anchor Text </a>.


Contoh sederhananya:


<a href=”http://www.rebelsec.id/blog”>Blog Section</a>

Kalau diklik maka pembaca akan ke halaman blog Rebelsec


<a href=” https://www.rebelsec.id/2023/08/owasp-top-10-series-a4-insecure-design.html”>Owasp Top 10 Series — A4 (Insecure Design)</a>

Hasil dari hyperlink diatas adalah Owasp Top 10 Series — A4 (Insecure Design), kalau diklik akan menuju ke Owasp Top 10 Series.


Posting Komentar

Posting Komentar