GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Cara Kerja Jaringan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kita tahu bahwa internet sekarang menjadi salah satu kebutuhan primer kita. Hampir semua orang tidak bisa lepas dari  yang namanya Internet apa lagi di negara kita INDONESIA yang dikenal dengan penggunaan internet cukup tinggi seluruh dunia. Hampir tiap hari orang-orang tidak bisa lepas dengan yang namanya Internet dan dunia akan hampa tanpa DIA :D.

Tapi, tau ga cara kerja jaringan komputer dan internet? silahkan lanjut baca

Cara Kerja Jaringan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa itu Internet?

Internet atau bahasa kerennya interconnected network adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang berguna untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. KBBI sendiri mengartikan internet sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet.

Bagaimana Cara Kerja Internet?

komponen penting agar internet bisa bekerja, antara lain:

Server client; server merupakan sebuah komputer yang tugasnya mengirimkan data dari dan ke dalam internet, biasanya Server Client kita sebut ISP (internet Service Provider).

Satelit dan antena pemancar; alat ini  digunakan oleh server untuk proses transmisi data lalu disebarkan ke seluruh dunia.

Modem dan router; kaalu ini merupakan alat komputer untuk terhubung ke ISP atau internet.

Protokol; sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.

IP; pasti kalian tahu kalau IP itu apa, IP atau Internet Protocol merupakan numerik yang digunakan untuk mengirim paket informasi komputer, kalau IP Address itu sumber informasi dari mana dan ke mana paket tersebut dikirim.

Internet browser: kalau internet browser itu merupakan media seperti Google Chrome, Opera dan Firefox yang kita pakai untuk mengakses informasi itu sendiri.

bagaimana penggunaan teknologi sistem jaringan Internet di Indonesia ?

Jaringan Satelit

Apa Itu Satelit ?. Satelit adalah salah satu medium yang kita gunakan dalam transmisi komunikasi. Satelit ini berfungsi untuk meneruskan sinyal yang dimana sinyal itu dikirimkan dari satu titik ke titik lainnya di atas bumi. 

Sistem transmisi data memakai jaringan satelit dinamakan VSAT (Very Small Aperture Terminal). VSAT itu adalah sebuah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan berbentuk piringan yang diameternya kurang dari tiga meter. Fungsi VSAT untuk menerima dan mengirim data ke satelit. 

Wi-Fi

Pasti kalian tau kalau wifi kan ?, lah kalian sering nyolong punya tetangga kok :)... 

Wi-Fi singkatan dari Wireless Fidelity, istilah Wi-Fi kalau di ingris sana ber-sinonim dengan WLAN (wireless local area network). Makanya Wi-Fi juga dikenal dengan cara terhubung dengan Internet menggunakan titik akses (hotspot) terdekat. 

Jaringan Kabel (Fiber Optik)

Kabel fiber optik terbuat dari fiber kaca berbeda dengan LAN, teknologi Fiber Optic juga canggih dan Cepat (biasanya mahal). Biasanya penggunaan Fiber Optic di jaringan backbone (tulang punggung) karna butuhakan kecepatan yang sangat cepat, tapi seiring perkembangan zaman fiber optik banyak juga dipakai pada LAN, WAN maupun MAN.

fiber optik terbagi jadi 2, yakni coaxial teresterial ditanam di dalam tanah dan coaxial marine untuk serat optik dalam laut.

keuntungan memakai fiber optik:

  • Cepat
  • Biaya pemasangan dan pengoperasiannya cukup murah
  • tingkat keamanan yang lebih tinggi
  • bentuk dan ukuran yang kjkecil dan ringan sehingga hemat pemakaian ruang
  • tidak terpengaruh pada gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
  • Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik mapun percikan api
  • Tidak bisa berkarat

Apa Saja Manfaat Internet ?

Sarana Konektivitas dan Komunikasi

Internet bisa menghubungkan satu orang ke orang lain berbeda negara, memungkinkan komunikasi jarak yang sangat jauh dengan waktu yang sangat cepat

Dengan adanya internet konektivitas dan komunikasi bisa berjalan dengan mudah dan lancar.

Sumber Beragam Wawasan Ilmu dan Pengetahuan

Beda dengan di masa lalu, dulu internet cukup susah diakses karna banyak kendala, namun sekarang fungsi internet hadir untuk mempermudah semua orang untuk mencari wawasan seluas-luasnya. hal ini jadi manfaat internet untuk pelajar yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas (Nyontek).

Mempermudah Proses Pelaksanaan Sistem Akademik

Internet bukan terfokus di bidang hiburan atau komunikasi saja, tapi dimanfaatkan juga di bidang pendidikan.

di berbagai lembaga pendidikan, khususnya sekolah  internet ini bisa memudahkan pengaturan sistem administrasi itu sendiri. 

Menghemat Biaya dan Waktu

kalau ini tidak perlu saya jabarkan lagi, karna memang kita tau bahwa internet bisa menghemat waktu kita, dari pada mencari di perpus, atau media lainnya, ya kita tinggal searching, namun ini bisa berdampak negatif juga karena kita jadi malas

Posting Komentar

Posting Komentar