Apa yang dimaksud dengan email ?
Dikutip dari buku E-Commerce: Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (2019) karya dari Yeni Susilowati, email merupakan sebuah fasilitas komunikasi yang ada di internet internet yang fungsinya untuk mengirimkan surat secara elektronik.
Secara harfiah, email itu sebuah metode penulisan, pengiriman, dan penerimaan pesan melalui media elektronik, yaitu internet. Dengan adanya email dapat membuat proses surat-menyurat menjadi lebih efektif dan efisien dilakukan tanpa harus mengirimkannya melalui pos lagi.
Walaupun email itu satu praktik online yang sudah lazim digunakan, tapi sampai saat ini masih ada orang yang belum mengetahui apa itu email dan kepanjangannya. Electronic Email dirancang sebagai program yang digunakan untuk bertukar pesan yang nantinya disimpan di dalam sistem komputer. Kemudian email dikodekan menggunakan teks ASCII (American Standard Code for the Exchange of Information Interchange). Menggunakan email, kita bukan hanya bisa mengirimkan text, tapi juga gambar, vidio, dan sebagainya.
Saat ini, email sudah menjadi fitur yang sangat banyak digunakan oleh banyak orang, karena kepraktisannya mengirim dan menerima informasi dari mana saja. Seperti surat, email dapat bekerja dalam fungsi yang sama, tetapi dikirim dengan perangkat elektronik yang notabene efektif dan efisien.
Beberapa keunggulan email:
- Dapat digunakan di mana saja, kapan saja asalkan terhubung dengan internet
- Dapat dikirim langsung ke beberapa orang secara bersamaan
- Cukup mengeluarkan uang untuk kuota internet
- Penerima bisa membaca kapan dan di mana saja email yang masuk
- Penerima bisa menyimpan sebagai arsip atau bahkan mengirimkan kembali ke orang lain.
- user friendly serta hemat sumber daya
- Bisa disimpan dalam jangka panjang
Membuat Email di Gmail
- Anda harus punya akun Google dulu.
- Silahkan menuju browser kesayangan anda, kemudian ketik www.gmail.com
- klik “create account” atau “buat akun”.
- Kemudian akan ada formulir pendaftaran, ikuti saja pentunjuk yang ada, masukkan semua informasi yang dibutuhkan.
- Akun Anda berhasil dibuat.
- Untuk memastikan akun anda apakah sudah ada, bisa ke www.gmail.com. Kemudian ketik nama pengguna Anda (alamat email Anda) yang sudah dibuat sebelumnya, dan ketikkan kata sandi.
- Jika sesuai berarti anda langsung diarahkan ke halaman email dan anda sudah berhasil membuat email.
Mendeteksi dan menghindari email spam dan phishing pada email
Apa itu Phising ?
Apa itu E-mail Phising?
Ciri-ciri E-mail Phising?
1. Bahasa Kurang Rapi
2. Tautan yang Mencurigakan
3. E-mail kurang Profesional
Jenis-Jenis E-mail Phising?
Kita harus mewaspadai tiga jenis e-mail phishing seperti berikut :
1. Spear Phising
Spear phishing bisa diartikan seperti nelayan yang mencampakkan kail secara asal, namun menargetkan jenis ikan tertentu. Pada konteks cyber crime, Pelaku kejahatan seolah-olah mengirimkan email dari alamat valid, tetapi dibuat ketarget secara spesifik. Biasanya pelaku mengena detail calon korban lewat media sosial atau dengan teknik Man-in-the-Middle.
Kemudian, pelaku mengirim e-mail palsu dengan cara menyamar sebagai klien, rekan kerja, atau kerabat korban. Isi e-mail-nya pun biasanya tentang permintaan informasi yang dianggap penting atau informasi yang rahasia.
2. Clone Phising
Kalau jenis diatas ini sama seperti namanya, teknik ini melakukan duplikasi dari email asli yang sudah dikirim. Pelaku mengganti link atau file yang dilampirkan di dalam e-mail asli tersebut dengan malware, lalu pelaku memalsukan alamat dan e-mailnya supaya seolah-olah terlihat asli. Biasanya pelaku mengirimkan banyak e-mail dan alasannya sedang terjadi pengiriman ulang karena masalah jaringan.
Jenis ini sangat berbahaya dibandingkan jenis lainnya, dikarenakan korban susah untuk mengetahuinya.
3. Whaling
Sama dengan namanya, whale phishing (whaling) ini menargetkan ke e-mail milik individu penting dalam institusi. Biasanya tujuan dari pelaku hanya untuk mengorek informasi penting atau mendapatkan akses ke sistem milik institusi demi menjalankan tindakan kejahatan.
Operasi whaling ini dilakukan dengan teknik spoofing supaya korban langsung percaya dengan e-mail tersebut dan langsung melakukan tindakan yang diminta.
Etika dalam Berkomunikasi melalui Email
1. Mengisi Subjek Email yang Jelas dan Spesifik.
2. Salam Profesional.
3. Membalas Semua Email Penting yang Masuk.
contoh:Dear Budi,Terima kasih untuk informasinya. Saat ini tim kami masih belum mendapatkan jawaban yang tepat dari pertanyaan yang anda berikan. Dalam hal ini, akan memberikan jawaban dalam kesempatan pertama. Terima kasih atas pengertiannya.Best Regards,Dodi.
Posting Komentar