GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Cloud Backup


Di zaman sekarang berbagai jenis penyimpanan online sudah digunakan. Akan tetapi, di manapun data kita tersimpan hal paling mengkhawatirkan bagi kita yaitu kehilangan data-data itu. Oleh karena itu munculnya teknologi Cloud Backup.

Data digital saat ini menjadi salah satu hal yang cukup penting bagi masyarakat. Data merupakan salah satu aset yang sangat berharga yang dimiliki oleh organisasi ataupun perusahaan bagi keberlangsungan bisnisnya.

Di zaman dulu kita hanya dapat mengandalkan tempat cadangan konvensional, tapi sekarang perkembangan teknoogi semua berubah, telah hadir yang namanya cloud backup. 

Mengenal Cloud Backup

Apa itu Cloud Backup ?

Cloud backup adalah sebuah proses menyalin ataupun mencadangan data kita dari perangkat ke internet atau cloud storage. Tujuannya agar menghindari risiko kita kehilangan data jika terjadi kerusakan ataupun masalah di perangkat yang kita digunakan.

Kerusakan atau masalah ini dapat disebabkan dari perangkat itu sendiri ataupun dari luar seperti serangan dari virus/malware, human error, serta masih banyak masalah lagi. Oleh karena itu, diperlukan beberapa upaya agar data kita tetap aman.

Amankah Data di Cloud Backup?

Tentu saja, jika kita menggunakan cloud backup untuk backup data kita, sudah dapat dipastikan bahwa itu aman. Karena, dengan pencadangan data secara online kita juga dapat menggunakan sistem enkripsi yang dapat menjaga keamanan data kita dari peretasan orang yang tak bertanggung jawab. 

Data yang tersimpan juga akan dipantau serta dikelola server pusat. Sistem pencadangan berbasis cloud  juga menggunakan internet, jadi punya kapasitas yang tergolong besar. Kita tidak perlu takut kalau data  kita tiba-tiba terhapus atau hilang. Kita juga dapat melakukan recovery dengan mudah dan fleksibel.

Cara Kerja Cloud Backup

Agar Penyimpanan dokumen kita maksimal, dokumen yang kita simpan didalam perangkat akan dikirimkan ke internet atau cloud storage, kemudian data tersebut akan dikelola di pusat pengolahan data.

Setelah tahapan diatas, cloud backup mencadangkan dokumen kita ke media penyimpanan yang telah disediakan oleh cloud provider. 

Jenis-Jenis Cloud Backup

beberapa jenis cloud backup yang dapat kita gunakan: 

Full Backup

Jenis cloud backup ini berfungsi untuk mencadangkan seluruh data yang kita punyai pada perangkat. Semua data kita itu disimpan langsung ke cloud storage melalui server yang sebelumnya sudah terhubung. 

Differential Backup

Beda dengan jenis full backup, jenis data ini yaitu mencadangkan hanya proses backup terakhir. Walaupun kita telah mencadangkan data, kita pasti akan terus membuat file-file baru atau data lama  akan kita perbarui.  

Incremental Backup

Jenis backup data yang terakhir adalah Incremental Backup berfungsi untuk melakukan backup data yang berubah sejak pencadangan terakhir, dan mengabaikan data yang tidak berubah sama sekali.

apa bedanya dengan differential backup?

Bedanya kalau incremental backup idi dilakukan bukan dari hasil full backup, tapi dari pencadangan pada umumnya. Kemungkinan user tidak rutin untuk melakukan full backup yang menyebabkan jenis ini dapat mengefisiensikan waktu dan tentu saja dapat menghemat cloud storage. 

Fitur yang Terdapat Pada Cloud Backup

  • End-to-end encryption
  • Hampir realtime
  • Dapat memilih restore point 24 jam terakhir
  • Support terhadap server fisik maupun server virtual
  • Instalasi tergolong mudah
  • License tool berbayar perbulan
  • Layanan support hingga 24/7
  • Backup daily monitoring
  • Tagihan hanya berdasarkan penggunaan user

Cloud Backup Terbaik

  • Google Drive
  • Dropbox
  • iCloud
  • pCloud
Posting Komentar

Posting Komentar