GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Penjelasan Lengkap Domain dan Jenis Jenisnya

Apa Tersebut Domain?

Domain adalah sebutan web site yang diakhiri ekstensi (.Com, .Co.Id, dll.) yang Kamu ketikkan di kolom alamat browser untuk terhubung web site.


Secara lebih tekhnis, domain adalah sebutan yang dipilih sebagai bukti diri web site server atau komputer supaya kami mampu lebih enteng mengaksesnya.

Tanpa julukan ini, kami mesti mengetikkan serangkaian angka yang disebut IP address di kolom alamat browser tiap-tiap kali akan mengunjungi suatu situs.

Mau tau lebih lanjut? Di dalam artikel ini, kita akan menjelaskan semuanya, terhitung pengertian domain, faedah, tipe-jenisnya, dan juga cara daftar dan transfernya. Check it out!


Pengertian Domain

Singkatnya, sebutan domain adalah alamat yang wajib Kamu gunakan untuk mengakses dan terhubung situs.

Perumpamaannya layaknya ini: situs yang Kamu memiliki adalah suatu tempat tinggal. Nah, layanan website hosting adalah tanah area Kamu mendirikan tempat tinggal, sedangkan domain adalah alamat yang sanggup digunakan orang-orang untuk menuju ke tempat tinggal Kamu.

Menjadi, sanggup dibilang bahwa domain adalah tidak benar satu komponen primer web. Julukan domain terdiri berasal dari dua elemen primer, yaitu sebutan web dan ekstensi. Contohnya, Facebook.Com berisi julukan web (Facebook) dan ekstensi (.Com).

Registrasi sebutan domain dikelola oleh organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN menentukan ekstensi yang ada dan mempunyai database terpusat yang memuat berita pengarahan sebutan domain.


Apa Kegunaan Domain?

Tiap-tiap situs sebenarnya diwakili oleh serangkaian angka (Alamat Ip) yang nantinya digunakan komputer untuk mengambil datanya berasal dari server, dikarenakan platform komputasi bekerja bersama dengan paham angka-angka.

Pasti saja akan benar-benar merepotkan bagi kami untuk mengingat tiap tiap angka itu ketika akan membuka suatu web, bahkan rangkaian angka ini selalu berbeda untuk tiap-tiap web site situs. Oleh dikarenakan tersebut, sebutan ini pun tercipta.

Sebagai contoh, kita akan mengenakan sebutan domain hostinger.co.id. Anggap saja alamat IP kita adalah 100.90.80.70. Alamat IP ini mengarah ke suatu server yang menyimpan knowledge web.

Sesudah itu, komputer memakai angka itu untuk menuju server dan meminta information situs, lalu menyajikannya kepada Kamu di browser. Coba bayangkan, sungguh pusing jikalau Kamu kudu mengingat tiap-tiap alamat IP situs yang mendambakan dikunjungi

Kesimpulannya, faedah domain adalah untuk mempermudah pengunjung terhubung web site yang akan mereka buka lewat web site browser, memadai bersama dengan mengetikkan alamatnya tanpa perlu menghafal IP address situs.

Cari julukan domain juga susah-susah ringan, gara-gara satu rangkaian sebutan dan ekstensi sekedar sanggup dimiliki oleh suatu web site.

Nah, jikalau kenakan provider layaknya Hostinger, Kamu sanggup lebih gampang melacak julukan domain apalagi meraih domain perdeo bersama dengan berlangganan hosting minimal setahun. Yuk, langsung hosting website di layanan kita!

Domain juga sanggup memanfaatkan redirect atau pengalihan yang mendukung Kamu menentukan apakah pengunjung yang terhubung web Kamu akan otomatis diarahkan ke web web site lain.

Cara ini benar-benar berfungsi untuk campaign dan microsite, atau untuk mengarahkan pengunjung ke halaman landing spesifik di website primer Kamu.

Opsi pengalihan juga akan menunjang menghindari kesalahan penulisan. Misalnya, ketika Kamu keliru mengetikkan URL Facebook bersama menulis www.fb.com, Kamu akan konsisten diarahkan ke www.facebook.com berkat opsi ini.


Perbedaan Domain dan URL

Walaupun serupa, tersedia sebagian disparitas domain dan URL (Universal Resource Locator). URL merupakan alamat web site lengkap yang mampu mengarahkan pengunjung ke halaman eksklusif di website. Nah, julukan domain adalah bagian berasal dari Url.

URL terdiri berasal dari protokol, domain, dan path (Jalur). Protokol memperlihatkan apakah situs miliki sertifikat Ssl. URL cuman akan miliki path kecuali mengarahkan pengunjung ke halaman eksklusif suatu web site.

Lantas, tersedia juga Fqdn, atau Fully Qualified Domain Name (Julukan domain yang sepenuhnya mencukupi syarat). FQDN adalah versi lengkap sebutan domain, yang juga terdiri berasal dari sebutan host.


Jenis- Jenis Domain

Bukan seluruh julukan mengikuti rumus dan keputusan yang mirip. Walaupun domain .Com adalah yang paling populer, bersama pemakaian yang mencapai lebih kurang 46,5Prosen berasal dari semua situs di global, masih tersedia lainnya yang dapat Kamu pilih, layaknya domain .Online dan .Store.


Tld: Top Level Domain

Layaknya namanya, Top Level Domain adalah sebutan taraf atas di dalam sistemnya di Internet. Ada ribuan TLD yang dapat Kamu gunakan, dan yang paling populer antara lain adalah .Com, .Org, .Net, dan .Edu.

Daftar TLD formal dikelola oleh organisasi bernama Internet Assigned Numbers Authority (Iana) dan mampu Kamu memirsa di sini. IANA mencatat bahwa daftar TLD juga menyertakan cctld dan gtld, yang akan kita bahas sehabis ini.


cctld: Country Code Top Level Domain

cctld hanyalah kenakan dua huruf berdasarkan kode negara internasional, misalnya .Us untuk United States, .Jp untuk Jepang, dan .Id untuk Indonesia.

Biasanya pengguna cctld adalah corporate yang menyebabkan web site spesifik bagi wilayah-wilayah eksklusif, dan dapat menyatakan kepada pengunjung bahwa web yang mereka kunjungi valid disesuaikan tujuan.


gtld: Generic Top Level Domain

Terhadap dasarnya, Generic Top Level Domain adalah TLD yang bukan kenakan kode negara. Beberapa besar gtld punya pemakaian eksklusif, misalnya .Edu untuk web institusi pendidikan (Edukasi).

Nah, Kamu bukan perlu mencukupi syarat eksklusif untuk mendaftarkan gtld, layaknya .Com yang bukan selalu untuk web komersial.

Contoh gtld lainnya adalah .Mil (Militer), .Gov (Pemerintah), .Org (Forum nirlaba dan organisasi), dan .Net yang awalnya dibuat untuk penyedia layanan internet (Isp), tetapi sekarang sanggup Kamu gunakan di bidang apa saja.


Tipe Lainnya

Hingga di sini, Kamu udah menyadari apa tersebut domain dan sebagian tipenya. Akhirnya kita akan memperkenalkan variasi sebutan lain yang mampu Kamu gunakan:

Second Level Domain

Sebutan ini berada tepat sesudah Tld. Tenang, kita bukan akan mengenakan klarifikasi yang amat tekhnis sebab akan lebih enteng kecuali mengenakan contoh, khususnya untuk yang mengenai bersama kode negara.

Contoh untuk style ini adalah .Co.Uk yang digunakan oleh lebih dari satu web site corporate di Inggris. Atau, .Gov.Uk bagi institusi pemerintah Inggris, dan .Ac.Uk bagi institusi akademik dan universitas di negara kerajaan itu.

Subdomain

Bersama dengan subdomain, para webmaster bukan kudu membeli sebutan tambahan terkecuali menginginkan memberi tambahan pembagian di situsnya. Mereka memadai sebabkan subdomain yang sanggup diarahkan ke direktori eksklusif di server.

Subdomain dapat jadi opsi paling baik utuk web site campaign dan style konten web site lainnya yang sebaiknya terpisah berasal dari halaman atau web site primer.

Sebagai contoh, Facebook mengenakan developers.facebook.com untuk sediakan info eksklusif kepada para developer website dan developer pelaksanaan yang mengidamkan memanfaatkan BARAH Facebook. Contoh lainnya adalah support.google.com.

Domain gratis

Tersedia juga julukan gratis yang dapat Kamu peroleh berasal dari beragam situs builder layaknya Wordpress.Com, Squarespace, Weebly, dan sebagainya.

Jenis ini sama bersama dengan subdomain dikarenakan kenakan julukan situs didalam domain pribadi Kamu. Contohnya adalah businessbooks.wordpress.com atau businessbooks.squarespace.com, yang penting sebutan itu berasal berasal dari Wordpress dan Squarespace.

Tetapi, style ini tidak cukup cocok untuk jangka panjang bagi usaha atau terkecuali Kamu inginkan miliki branding yang unik. Akan jauh lebih baik kecuali Kamu miliki julukan sendiri.


Cara Daftar Domain

Tiap-tiap penyedia mengenakan platform yang berbeda, dan proses daftar domain akan bergantung terhadap provider yang Kamu gunakan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca cara membeli domain.

Untuk mendaftarkannya, Kamu perlu mengecek ketersediaannya pernah di fitur pencari domain. Beberapa besar penyedia amat mungkin Kamu mengetikkan atau memasukkan julukan yang diinginkan untuk mengecek ketersediaannya.

Cara Transfer Domain

Sebutan ini juga dapat Kamu transfer berasal dari satu registrar ke registrar lainnya. Tetapi, Kamu kudu mencukupi syarat-syarat berikut sehingga cara transfer domain mampu dikerjakan tanpa persoalan:

  • Udah melewati 60 hari atau lebih semenjak transfer paling akhir atau pendaftaran.
  • Domain bukan boleh tengah didalam standing Redemption atau Pending Delete.
  • Kamu kudu punyai kode otorisasi (Atau EPP code).
  • Berita kepemilikan kudu valid, dan layanan dukungan privasi wajib dimatikan.


Kesimpulan:


  • Domain adalah sebutan yang bermanfaat layaknya alamat tempat tinggal (Web).
  • Julukan ini terdiri berasal dari sebutan web (Misalnya Hostinger) dan ekstensi (Misalnya, .Co.Id).
  • Seluruh registrasinya dikelola oleh Icann.
  • Faedah domain adalah mengarahkan pengunjung ke server yang tepat selagi membuka web site.
  • Ekstensi yang paling populer untuk domain adalah .Com, digunakan oleh 46,5Prosen situs di global.
  • cctld memakai kode negara dan mengacu terhadap daerah geografis (Misalnya, .Cn atau .Es).
  • gtld merupakan ekstensi untuk tujuan spesifik (Misalnya, .Org untuk organisasi).
  • Tiap-tiap registrar menawarkan proses daftar domain yang berbeda-beda.
  • Kamu sanggup kenakan fitur pencarian spesifik untuk paham ketersediaan sebutan yang Kamu dambakan.
  • Domain dapat ditransfer berasal dari satu provider ke provider lainnya.


Posting Komentar

Posting Komentar