GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Tips Penting Membeli Domain

15 Tips Penting Sebelum Membeli Domain

Domain yang bagus sangatlah berharga karena bisa meningkatkan kredibilitas website, brand awareness, dan memastikan pengguna bisa menemukan Anda di internet.



Jadi, saat akan membeli domain, cobalah luangkan waktu untuk melakukan riset sebelum memilih domain yang tepat bagi website Anda.


Kami punya 15 tips yang bisa dicoba sebelum Anda memutuskan untuk membeli domain:

  • Pahami niche Anda. Mengetahui keyword dan istilah pencarian paling populer dalam suatu niche akan membantu Anda menemukan nama domain yang sesuai dengan proyek Anda.
  • Gunakan domain yang singkat tapi berkesan. Nama yang catchy dan pendek tentu lebih mudah dieja dan diketik daripada yang panjang. Domain singkat dan unik juga lebih mudah diingat oleh pengunjung. Oleh karena itu, coba buat nama dengan 6 sampai 14 karakter saja.
  • Coba .com, kalau bisa. Ekstensi domain .com saat ini menjadi top-level domain paling populer, jadi coba mulai dengan akhiran ini karena sebagian besar pengguna web lebih familiar dengannya.
  • Pastikan tidak melanggar trademark pihak lain. Agar tidak terjerumus ke dalam masalah hukum, sebaiknya jangan gunakan nama yang serupa dengan brand populer yang sudah mapan. Gunakan tool pencarian merek dagang terdaftar agar terhindar dari situasi semacam itu.
  • Hindari angka dan tanda hubung. URL dengan angka dan tanda hubung lebih sulit diingat dan diketik. Selain itu, URL dengan spasi atau angka juga sulit diucapkan. Gunakanlah domain yang terdiri dari satu kata atau serangkaian kata.
  • Cari alternatif yang paling mirip. Kalau sudah punya nama domain incaran, cobalah membeli variasi salah ketiknya juga untuk memastikan semua traffic turut masuk ke website Anda. Contoh yang bagus adalah amzon.com, yang mengarahkan pengunjung ke website utama Amazon, atau fb.com yang langsung membuka Facebook.
  • Lakukan riset di berbagai platform sosmed. Setelah memiliki gambaran kasar tentang nama domain incaran Anda, carilah nama tersebut di platform media sosial populer seperti Twitter, YouTube, Instagram, dan Facebook. Kalau belum ada yang pakai, langsung beli domain dengan nama tersebut sebelum diambil orang lain.
  • Pikirkan efektivitasnya di masa depan. Domain adalah investasi jangka panjang. Jadi, jangan pilih nama dari slogan yang sedang hits saat ini. Cara ini mungkin tidak akan relevan secara jangka panjang. Sebaiknya pikirkan, kira-kira akan seperti apa kondisi bisnis atau brand Anda pada 5 atau 10 tahun mendatang sebelum memutuskan untuk membeli domain.
  • Hindari huruf ganda. Sebaiknya jangan gunakan huruf dobel dalam domain karena bisa meningkatkan kemungkinan salah eja. Hal ini tentu mengakibatkan hilangnya traffic.
  • Manfaatkan tool pembuat domain. Temukan ide domain lainnya dengan domain name generator. Cukup masukkan kata atau frasa yang menggambarkan proyek Anda, lalu tool akan menampilkan daftar saran untuk Anda. Selain itu, gunakan tool lain seperti Thesaurus untuk menghindari penggunaan kata yang artinya mungkin salah tafsir.
  • Pilih domain premium. Domain premium memiliki value tinggi yang berpotensi menjadi alamat web populer dan menawarkan peluang branding yang kuat. Pertimbangkan untuk membeli domain premium agar website memperoleh peringkat tinggi di mesin pencari dan mendapatkan traffic organik dengan cepat.
  • Cek riwayat domain. Gunakan tool seperti Wayback Machine untuk memastikan domain tidak terkait dengan website palsu. Tool ini akan membantu Anda menemukan informasi tentang latar belakang domain dan siapa pemilik sebelumnya.
  • Coba gunakan TLD lokal. Menggunakan ccTLD bisa membantu website memperoleh lebih banyak traffic melalui pelokalan.
  • Pilih ekstensi domain baru. Coba gunakan gTLD baru, seperti .xyz, yang juga digunakan oleh Alphabet Inc., perusahaan induk Google. Ini adalah salah satu ekstensi baru paling populer yang cocok dengan hampir semua proyek, dari toko online hingga halaman event. Akhiran ini juga lebih terjangkau daripada TLD .com.
  • Diskusikan ide-ide Anda. Kalau masih merasa kesulitan dan belum yakin untuk memilih nama yang tepat bagi website Anda, coba diskusikan ide Anda dengan teman, keluarga, atau kolega. Mereka mungkin bisa memberikan saran yang Anda butuhkan.

Posting Komentar

Posting Komentar