GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Fokus Tata Kelola TI (IT Governance Decision Domains)

Kemarin kita sudah membahas tentang Mengenal Ancaman Keamanan Jaringan di artikel kali ini kita akan membahas tentang Fokus Tata Kelola TI (IT Governance Decision Domains).

Belajar Cyber Security

IT Governance Decision Domains atau Tata Kelola TI 

IT Governance Decision Domains

Pengelolaan TI (IT Governance) adalah sebuah bentuk perencanaan di dalam menerapkan serta menggunakan TI yang dapat digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari perusahaan atau organisasi tersebut.

Menurut DR. B. Ranti, manfaat dari bisnis TI (IT Business Value) bisa kita pahami sebagai besaran dari kontribusi TI agar meningkatkan kinerja dari organisasi.

Dilansir dari IT Governance Institute atau ITGI bahwa Tata Kelola TI memiliki 5 fokus perhatian yaitu : 

  • strategic alignment (keselarasan strategis)
  • risk management (managemen resiko)
  • value delivery (penyampaian nilai)
  • resource management (managemen sumberdaya)
  • performance measurement (pengukuran kinerja)

Keselarasan strategi. 

Fokus Tata Kelola TI harus benar" mendukung pencapaian dari misi perusahaan yang dimana strategi TI harus bisa selaras dengan strategi bisnis perusahaan.

Penyampaian nilai. 

Fokus Tata Kelola TI harus bisa memberikan sebuah nilai tambah bagi pencapaian misi dari perusahaan.

Managemen resiko. 

Fokus Tata Kelola TI harus dapat disertai dengan identifikasi berbagai resiko TI sehingga dampaknya dapat ditangani oleh pihak terkait.

Managemen sumberdaya. 

Fokus Tata Kelola TI harus didukung dengan sumberdaya yang memadai dan penggunaan sumberdaya yang dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat dilakukan secara optimal.

Pengukuran kinerja. 

Fokus Tata Kelola TI harus diukur serta dievaluasi secara berkala agar memastikan bahwa kinerja serta kapasitas TI sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Tujuan Tata Kelola TI

Tujuan Fokus Tata Kelola TI bisa kita bedakan berdasarkan tujuan jangka panjang atau tujuan jangka pendek. Kalau jangka pendek Tata Kelola TI bisa digunakan agar menekan biaya operasional. Sedangkan kalau jangka panjang dari penerapan Tata Kelola TI dapat membantu perusahaan agar tetap fokus kepada nilai strategis TI dan selalu memastikan penerapan TI agar tetap mendukung dari pencapaian tujuan perusahaan.

Pentingnya IT Governance didalam Perusahaan

1. Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan

Didalam suatu bisnis, kita harus mendapatkan kepercayaan dari stakeholder, klien, maupun pelanggan bukanlah suatu hal yang tergolong sulit. Namun, dilansir dari PM (Project Manager), ketika perusahaan memutuskan untuk mengambil keputusan dalam rencana tata kelola IT, maka secara tidak langsung perusahaan tersebut telah memberikan jaminan ke stakeholder ataupun pelanggan. Ini berdampak dalam meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.

2. Mengontrol risiko

Dalam dunia bisnis resiko bisnis pasti datang silih berganti, termasuk didalam bidang sistem informasi dan teknologi. Dengan menerapkan konsep IT governance, perusahaan bisa mengatur resiko dengan baik. karena perusahaan tersebut bisa melacak dengan cepat resiko yang terjadi di lingkungan TI secara langsung atau realtime.

3. Meningkatkan produktivitas kinerja perusahaan

IT governance bisa untuk mengatur sistem tata kelola TI di perusahaan tersebut, bahkan dapat menyeleraskan IT dengan tujuan bisnis. Dampaknya orang-orang yang di dalam IT tersebut bisa fokus ke projek lain serta bisa mengambil peluang-peluang yang ada.
Posting Komentar

Posting Komentar