GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Penjelasan Lengkap Teknologi 5G !!!


Bagi dunia teknologi sudah tidak asing dengan jaringan baik berupa 3G atau 4G bahkan  dunia teknologi sudah terikat dengan jaringan tersebut.Karna keinginan yang besar untuk memajukan teknologi ,sekarang terdapat jaringan 5G yang sedang di Uji Layak Operasi (ULO).



Apa Itu Teknologi 5G ?

Bila di lihat dari berbagai sumber seperti Cisco.com atau cnbcinindonesia.com teknologi 5G merupakan teknologi seluler generasi kelima yang berasal dari evolusi dari teknologi 4G LTE.Yang dirancang unruk meningkatkan kecepatan,meningkatkan fleksibilitas layanan,yang lebih responsif,dan tentunya lebih besar untuk menghubungkan perangkat tanpa menurunkan kualitas jaringan.


Dimana Saja Teknologi 5G Digunakan?

Teknologi 5G sedang luncurkan di berbagai daerah terutama di daerah jakarta seperti di Kelapa Gading,Pondok Indah,Pantai Indah Kapuk,Alam Sutera,dan Widya Chandra.Selain  di Jakarta ada juga beberapa daerah yaitu di Batam,Solo,Bandung,Surabaya,Makasar,dan Denpasar.


Kapan Ada Teknologi 5G?

Seperti yang sudah kita ketahui jarigan 5G telah resmi hadir di Indonesia pada 27 Mei 2021,ya tepatnya 4 bulan yang lalu.Peluncuran ini dilakuakan setelah kominfo memberikan izin komersialisasi operator untuk Telkomsel.


Siapa Penemu Teknologi 5G?

Bapak dari teknologi 5G adalah karyawan yang bekerja di Huawei yaitu Micheal lemke berasal dari Jerman yang memiliki keahlian fisika yang bergelar phD(Dokter).Beliau sudah menggeluti dunia telekomunikasi hampir 24 tahun lamanya.


Bagaimana Sih Cara Kerja Teknologi 5G?

Dalam teknologi 5G data akan dikirimkan melalui gelombang radia.Gelombang radio terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda,setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbada pula seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim,siaran televisi ,dan mobile data.


Kelebihan Dan Kekurangan Dari  Teknologi 5G

Berikut beberapa kelebihan dari teknologi 5G adalah :


- Kecepatan Transmisi Yang Jauh Lebih Baik Dibandingkan dengan teknologi yang digunakan oleh LTE dan W-CDMA yang hanya mendukung frekuensi sampai dibawah 6 GHz,5G NR itu berarti teknologi 5G mampu menghasilkan kecepatan transmisi hingga 10 GB per detik.

- Hampir Tidak Memiliki Delay Teknologi 5G memungkinkan waktu delay hanya sekitar 4 hingga 5 milidetik saja.

- Koneksi Lebih Luas Dengan penggunaan frekuensi radio teknologi 5G mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat,artinya teknologi 5G bisa digunakan padalebih banyak perangkat.

- Hemat Energi Pasalnya sejak awal jaringan teknologi 5G dapat menghemat data hingga 10% dibandingkan dengan  4G Selain kelebihan tidak dipungkiri pasti ada kekuranga,berikut beberapa kekurangan teknologi 5G

- Daya Tembus yang Minim Teknologi 5G dirasa kurang menembus penghalang yang di gunakan di 5g yaitu seperti Bandwidth.

- Frekuensi Radio Yang Penuh Pengguna frekuensi radio yang sangat padat menjadi salah satu kekurangan di teknologi 5G ini.

- Isu Keamanan Dan Privasi Dari riset yang dilakukan oleh University of Larraine dan University Of Dundee menyimpulkan bahwa teknologi 5G akan mengalami masalah di bidang keamanan.

Posting Komentar

Posting Komentar