GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Administrator sistem (Sysadmin)

Dizaman ini begitu banyak teknologi yang ada, dunia IT itu merupakan dunia yang mengalami perkembangan paling cepat antara sektor lainnya, tapi semakin cepat pertumbuhan IT semakin cepat juga kejatuhan bisnis-bisnis lainnya. Namun gaji-gaji orang yang bekerja di IT khususnya negara indonesia masih tergolong rendah jika dibanding dengan negara lain. 

Hampir semua organisasi atau perusahaan sekarang sangat bergantung pada operasi TI, maka daripada itu dibutuhkan seorang administrator sistem komputer yang memiliki kompeten untuk merawat, megelola serta menjaga jaringan komputer. 

Siapakah orangnya ?, yaa. penghargaan itu diberikan kepada seorang Sysadmin. Sysadmin merupakan seorang pahlawan super disaat ini yang tugasnya menjaga agar bisnis bisa berjalan. 

Mengenal Administrator sistem

Apa Itu Administrator Sistem?

Administrator sistem atau sysadmin adalah seorang IT profesional yang bekerja untuk mengelola lingkungan komputer multi pengguna serta memastikan kalau layanan TI serta sistem pendukung sebuah organisasi tersebut berjalan dalam kinerja terbaik. 

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin bertanggung jawab dalam menjaga sebuah komputer, server, serta internet yang ada diperusahaan mereka agar tetap aktif dan berjalan setiap saat untuk menghindari dari gangguan bisnis. 

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin sering bertanggung jawab dalam proses penginstalan, pemeliharaan, pengkonfigurasian, dan perbaikan server serta jaringan, dan juga sistem komputer lainnya yang berada di lingkungan organisasi atau perusahaan. 

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin mempelajari sedikit tentang pemrograman dan coding agar pekerjaan serta aktifitas mereka menjadi terstruktur. Sebagian besar SysAdmin bekerja di belakang layar untuk memastikan ketersediaan organisasi. 

Disamping itu, pertumbuhan DevOps dan komputasi awan di zaman ini dapat menghasilkan peningkatan jumlah orang yang memiliki keahlian SysAdmin/Pengembang hybrid, peran dan fungsi dasar seorang administrator sistem akan penting. 

Di ranah DevOps, para pengembang perangkat lunak atau software cukup menyukai SysAdmins, dan  seorang SysAdmins semakin mirip dengan seorang pengembang.

Tanggung Jawab Administrator Sistem

Sebagai Seorang Administrator sistem atau Sysadmin kita bertanggung jawab penuh atas keseluruhannya teknologi yang ada di sebuah organisasi tersebut, ini berarti organisasi mengeluarkan uang dalam Ketersediaannya, sehingga bila terjadi permasalahan server maka akan mempengaruhi berbagai hal seperti produktivitas, pendapatan, dan biaya downtime yang terlewatkan. 

Beberapa aktifitas yang dilakukan oleh seorang Administrator sistem atau Sysadmin secara umum:

Izin Administrasi Dan Pengguna

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin memiliki otoritas dan manajemen pengguna disemua aplikasi dan layanan. SysAdmins bisa menetapkan peran pengguna yang ada di organisasi tersebut, tugas dari Seorang Administrator sistem atau Sysadmin adalah menjaga orang yang memliki akses dan layanan tersebut.

Peringatan & Pemantauan

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin bertanggung jawab untuk memantau serta memperingatkan di seluruh aplikasi serta infrastruktur yang ada di organisasi atau perusahaan. Seorang SysAdmin memantau metrik server serta jaringan server seperti CPU, penggunaan disk, DNS, latensi, dan ETL, Seorang Administrator sistem atau Sysadmin dapat mendeteksi suatu peristiwa yang berlangsung di organisasi tersebut. 

Kemudian SysAdmin mengukur dan mengatur peringatan yang diterimanya, sysadmin juga dapat melakukan analisa sistem melalui indikator diatas.

Pemeliharaan, Pembaruan, Dan Pemasangan Perangkat Lunak

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin bertanggung jawab untuk menetapkan aturan (SOP) dan proses untuk instalasi serta bertanggung jawab juga pada peningkatan perangkat lunak. Sysadmin harus mengenali teknologi yang dipakainya.

Manajemen Dan Organisasi File

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin biasanya akan menempatkan sebuah aturan serta proses di sekitar cara file disusun dan akan dibagikan ke seluruh perusahaan yang berguna untuk menjamin konsistensi dan organisasi data. 

Administrasi SSO Dan Kata Sandi

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin bertanggung jawab atas manajemen kata sandi dan kebijakan serta prosedur SSO di seluruh perusahaan atau organisasi. 

Kebijakan Dan Prosedur Penggunaan Sistem

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin perlu mengembangkan atau merancang sebuah praktik terbaik untuk menangani sistem organisasi pada tingkatan tertentu. 

Keamanan

Seorang Administrator sistem atau Sysadmin harus memikirkan bagaimana keamanan yang ada pada organisasi atau perusahaan tersebut, agar selalu aman dan terjamin.

Teknologi & Keterampilan Seorang Administrasi Sistem

Beberapa Teknologi serta keterampilan yang wajib diketahui oleh administrator sistem:

  1. Cloud
  2. Git
  3. Otomatisasi Dan Manajemen Konfigurasi
  4. Rawat Server Dan Jaringan
  5. SQL
  6. Pemrograman Dan Skrip
  7. Komunikasi 
  8. Pengambilan Keputusan
  9. Penyelesaian Masalah

Sertifikasi Diperlukan Menjadi Administrator Sistem?

Beberapa Sertifikasi keahlihan SysAdmin untuk membantu melamar SysAdmin:
  • Microsoft
  • Cisco 
  • Oracle 
  • Linux
  • VMware


Posting Komentar

Posting Komentar