GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal REST API

Pengertian API

Sebelum kita lanjut membahas tentang apa itu RESTful API, alangkah baiknya kalau kita mengetahui apa itu API.

Application Programming Interface atau yang lebih dikenal dengan nama API adalah sebuah standar serta  protokol yang kita gunakan agar dapat mengintegrasikan user dengan aplikasi yang kita inginkan sehingga user dapat mengakses serta menggunakan fungsi software aplikasi tersebut. 

API berfungsi sebagai mediator atau sebagai komunikator diantara pengguna dan aplikasi. Dengan begitu API ini sangat cocok dan penting untuk mempermudah akses serta pengembangan aplikasi di internet. 

Interoperabilitas yang dihadirkan API biasanya terjadi di interaksi aplikasi dan user, dan antara dua aplikasi yang berbeda. Hasilnya, aplikasi serta user yang sedang mengakses sistem ini tidak perlu memahami detail dari pengembangan dan implementasi software yang tersedia oleh API.

Mengenal REST API


Contoh-Contoh API

Berikut contoh dari API:

API Qantas

Qantas merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berasal dariAustralia yang mana mereka menyediakan sebuah layanan booking tiket melalui website mereka. Qantas menyediakan sebuah API  yang berisi data-data pemesanan tiket pesawat untuk platform lain, sehingga kita dapat melihat jadwal keberangkatan, harga tiket, serta ketersediaan kursi  pesawat dari aplikasi lain. 

API Facebook 

Kita pasti tau apa itu facebook, bahkan sekarang saya masih main facebook. :) Facebook itu sebuah platform untuk chatting antar user. Facebook juga menyediakan sebuah API untuk mengintegrasikan akun-akun user ke aplikasi serta web service lainnya. Facebook API digunakan untuk fitur login with Facebook, dan menampilkan fanpage atau sebuah profile Facebook user di website ataupun platform lainnya.

API Google Maps

Nah kalau kita tidak tau jalan pasti kita lihat aplikasi Google Maps, aplikasi Google Maps juga menyediakan API yang isinya adalah data peta yang bisa digunakan pada aplikasi ojek online dan pesan antar makanan. Fitur di API Google Maps juga menyediakan penghitungan jarak, pemilihan rute, serta kondisi lalu lintas yang dapat memudahkan tim developer atau pengembang aplikasi untuk memasukan fitur-fitur ini ke dalam aplikasi mereka. namun tentu saja berbayar :)

IMDb API

Internet Movie Database atau yang lebih dikenal IMDb merupakan sebuah situs web yang berisi perfilman yang berisi rincian aktor, sutradara, scriptwriter, tahun serta tanggal rilis, rating, dan lainnya. IMDb menyediakan sebuah API juga, API ini digunakan untuk ulasan film di aplikasi streaming film dan juga website yang menyediakan tontonan film. 

Cara Kerja API 

API memungkinkan kita atau developer aplikasi untuk berkomunikasi antar platform dengan metode request - respons. Biasanya aplikasi yang buth data dari server lain mengirimkan sebuah permintaan, yang nantinya akan disampaikan dengan protokol API, kemudian data tersebut dikirim kembali ke user yang melakukan permintaan tersebut.

Batasan arsitektur karakter pada RESTful API:

Arsitektur client-server – arsitektur ini didasarkan pada user (client), server, dan juga resource, yang di mana permintaan dibuat dengan protokol HTTP

Komunikasi stateless – Merupakan komunikasi diantara user (client) dan server tidak diperbolehkan untuk menyimpan informasi di setiap permintaan. 

Cache – REST API ini dirancang supaya dapat menyimpan data didalam cache. 

interface yang seragam – ini memungkinkan kita melakukan pengembangan aplikasi yang dilakukan secara independen diantara user (client) dan server. 

Sistem lapisan – sistem diharuskan untuk memiliki fungsi tertentu salah satunya fungsi keamanan.

Perbedaan antara REST dan RESTful

REST dan RESTful memang berbeda. seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa REST merupakan sebuah serangkaian prinsip serta batasan arsitektur software. sedangkan kalau RESTful API merupakan API yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan Representational State Transfer atau yang lebih dikenal REST.

Lalu dapat kita ambil kesimpulan bahwa API yang berjenis RESTful, artinya sistem ini dapat menerapkan prinsip-prinsip yang telah dikemukakan Roy Fielding didalam tesis REST miliknya.

Posting Komentar

Posting Komentar