GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Mengenal Big Data: Pengertian, Fungsi dan Karakteristiknya

Semakin berkembangnya teknologi, maka informasi yang tersedia semakin banyak pula. Maka daripada itu dibutuhkan riset dari semua data yang tersedia. nah.... data-data itu dikenal dengan nama Big Data. 

Mengenal Big Data: Pengertian, Fungsi dan Karakteristiknya

Pengertian Data

sebelum kepembahasan alangkah baiknya kalau kita mengetahui apa itu data. DATA adalah bagian penting di kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya data ini, kita bisa lebih mudah untuk melakukan berbagai kegiatan. Umumnya data ini dipakai sebagai dasar dalam memutuskan sebuah keputusan bahkan untuk menargetkan pasaran. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang benar dan nyata, keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan), atau informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar grafis, atau suara.

Sejarah Big Data 

Sejarah big data dimulai dari tahun 2000-an yang dimana ada seorang analis industri yang namanya Doug Laney beliau menyampaikan konsep data dengan ukuran besar. Nah.. dari tahun 2000 itu, nama big data mulai digunakan dan dikenal oleh masyarakat banyak.

Menurut McKinsey Global (2011), Big Data dapat didefinisikan dengan data yang memiliki skala (volume), distribusi (velocity), keragaman (variety) yang sangat besar, dan atau abadi, sehingga membutuhkan penggunaan arsitektur teknikal dan metode analitik yang inovatif untuk mendapatkan wawasan yang dapat memberikan nilai bisnis baru (informasi yang bermakna). 

Manfaat dan Fungsi Data

terdapat beberapa manfaat dan fungsi dari data:

Suatu Acuan Kegiatan

Manfaat serta fungsi dari data adalah sebagai acuan suatu kegiatan. yang artinya dengan adanya data bisa kita gunakan sebagai acuan maupun tolok ukur agar kita dapat membuat sebuah kegiatan tertentu sesuai yang kita inginkan.

Dasar Perencanaan

Data dapat juga kita gunakan untuk perencanaan. karena, dari data tersebut kita bisa mengetahui berbagai parameter yang akurat yang bisa digunakan untuk melakukan suatu perencanaan. Bukan itu saja, data juga dapat kita gunakan menjadi bahan perkiraan keadaan dan situasi di waktu yang mendatang.

Menjadi Dasar Dalam Membuat Keputusan

Sebuah data dapat kita manfaatkan untuk membuat keputusan. Dengan adanya data kita dapat membuat keputusan terbaik jika ada suatu permasalahan. Dengan begitu, kita menjadi lebih mudah menentukan keputusan dari data yang dapat dipertanggungjawabkan.

Bahan Untuk Evaluasi

Selain dari berbagai manfaat dan fungsi yang sudah kita bahas diatas, data ini juga dapat kita jadikan  sebagai bahan evaluasi. 

Apa Itu Big Data?

Big data yaitu kumpulan data yang mempunyai volume atau ukuran yang sangat besar terdiri dari data-data yang terstruktur (structured), semi-terstruktur (semi structured), dan tidak terstruktur (unstructured) yang bisa berkembang seiring perkembangan zaman.

Big data terdapat tiga karakteristik atau aspek yang disebut Three V 

The Three V

Volume

Data dikategorikan menjadi big data atau bukan itu tergantung dari volume data itu sendiri. Oleh karena itu volume merupakan salah satu aspek yang dipertimbangkan untuk menangani big data.

Velocity

Velocity mengacu ke kecepatan data, secepat apa data dapat dihasilkan dan secepat apa data diproses dan dianalisis demi kebutuhan. Selain data yang dibutuhkan harus cepat, kecepatan transfer data juga  menjadi pengaruh besar, apa lagi proses pengiriman data tersebut.

Variety

Variety diartikan sebagai banyaknya jenis data yang dipunya oleh big data. Biasanya tipe data lebih terstruktur dan bagus, tetapi seiring banyaknya data yang masuk ke big data, sangat banyak data baru dengan bentuk unstructured (tidak terstruktur) dan semi structured (semi-terstruktur).

Apa Fungsi big data ?

Setelah kita mengetahui apa itu data, kemudian kita tahu apa itu big data dan juga kita mengetahui karakteristik dari big data itu sendiri, sekarang kita ke fungsi dari big data. 

  • Digunakan agar memprediksi atau menganalisis penyebab suatu masalah. Pemenfaatan dari big data ini bisa meminimalisir kegagalan.
  • Mengembangkan sebuah produk.
  • Mengurangi waktu dan biaya. 

Penggunaan Big Data di Kehidupan Sehari-Hari

Penggunaan big data sudah banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari, tapi banyak orang yang bahkan tidak sadar akan hal tersebut. contohnya. 

  • Perusahaan perbankan sekarang sudah memanfaatkan olah data dalam skala besar untuk menyediakan produk ataupun layanan agar semakin beragam dan berkualitas. Dari penggunaan big data itu, pastinya perusahaan perbankan mendapatkan data melalui aplikasi ataupun transaksi perbankan secara offline 
  • Perusahaan Toko online seperti Tokopedia juga menggunakan big data dalam produk mereka, mereka memanfaatkan big data untuk menganalisis harga barang, iklan dan hal lainnya

Posting Komentar

Posting Komentar