GHrxexUTk8Cy9ibyQ09EFsI4Tl8sPmI2qnpAKStw
Bookmark

Tutorial Membeli Domain Mudah

Sebelum melanjutkan ke langkah-langkahnya, harap diingat bahwa Kamu hanya bisa mendaftarkan domain yang sudah tersedia bersama dengan ekstensi domain valid yang belum dimiliki oleh orang lain.

Berikut adalah 5 langkah cara membeli domain:




1. Temukan Registrar Domain yang Kredibel


Registrar adalah corporate yang mendaftarkan dan mengelola domain. Corporate ini meraih akreditasi berasal dari ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), organisasi nirlaba yang mengontrol ketetapan dan regulasi pendaftaran domain situs.


Signifikan untuk memilih registrar domain yang tepercaya sebab mampu berdampak terhadap project atau usaha secara jangka panjang. Kecuali keliru pilih, Kamu kemungkinan mesti membayar biaya tak terduga, atau apalagi ditipu.


Misalnya, dulu tersedia kejadian ketika sebuah registrar domain memaksa user untuk membeli domain yang sama bersama yang mereka mempunyai, namun bersama alasan palsu.


Tersedia ratusan registrar domain yang ada dan semuanya menawarkan layanan sama, dan Kamu barangkali kesulitan untuk memilih mana yang paling baik. Oleh gara-gara tersebut, pertimbangkan hal-hal berikut sementara memilih registrar:


Harga. Sebelum membeli domain situs, pastikan Kamu membaca keputusan layanan registrar dan mengecek apakah tersedia biaya “Tersembunyi”. Hindari registrar yang menawarkan biaya awal murah untuk th pertama pendaftaran, namun membebankan tarif perpanjangan (Renewal) yang jauh lebih mahal.
Kebijakan era berlaku domain. Domain wajib diperpanjang sebelum lepas akhir jaman berlakunya supaya bukan keduluan didaftarkan oleh orang lain. Menjadi, pilihlah registrar bersama dengan fitur perpanjangan otomatis dan pengingat.
Layanan add-on. Cari registrar domain yang sedia kan add-on berfaedah lainnya, layaknya privasi domain atau domain parking.
Kebijakan transfer domain. Kamu mampu pindah domain berasal dari satu registrar ke registrar lain, tetapi lebih dari satu registrar barangkali mempersulit prosesnya atau membebankan biaya tambahan. Pastikan Kamu meninjau kebijakan transfer domain registrar sebelum membeli domain.
Layaknya yang tadi disebutkan, orang-orang sanggup membeli domain kustom berasal dari corporate hosting yang menawarkan layanan pendaftaran domain, layaknya Hostinger.


Akan jauh lebih enteng juga kecuali Kamu beli hosting dan domain berasal dari provider yang mirip untuk membawa dampak situs.


Di Hostinger, kita menawarkan biaya pendaftaran dan perpanjangan yang rendah untuk beberapa besar domain populer dan team pertolongan spesiļ¬k yang siap mendukung Kamu 24/7.


Jikalau membeli domain di Hostinger, Kamu dapat mengaktifkan pertolongan privasi domain. Fitur ini akan mendukung menyembunyikan berita eksklusif supaya bukan dapat ditemukan lewat tool domain lookup Whois.


Bukan hanyalah tersebut, kita juga punyai tool cek domain canggih yang akan memudahkan Kamu mengikuti cara membeli domain. Yuk, coba masukkan kata kunci domain Kamu di bawah ini:


Cek Domain Murah
Ketik sebutan domain yang diinginkan dan langsung cek ketersediaannya


Ketik domain yang diinginkan

2. Cari Sebutan Domain


Sehabis menemukan registrar untuk mendaftarkan domain, sekarang saatnya Kamu melacak sebutan domain.


Pas memilih domain, pastikan juga untuk memilih ekstensi domain yang tepat. Ekstensi adalah bagian akhir di belakang alamat web site. Ekstensi domain juga disebut sebagai top-level domain (Tld).


Tersedia bermacam type ekstensi domain yang dapat dipilih, di antaranya:


Country Code Top-Level Domain (Cctld). TLD tipe ini mewakili negara eksklusif, agar baik pengguna maupun mesin pencari mirip-serupa menyadari terkecuali web site dirancang untuk pengunjung berasal dari negara eksklusif. Misalnya, domain .Id adalah cctld untuk Indonesia dan .Us untuk Amerika Perkumpulan.
Sponsored Top-Level Domain (Stld). TLD ini digunakan secara terbatas untuk model grup dan organisasi eksklusif. Sebagian contoh stld adalah .Mil, .Gov, dan .Edu.
Generic Top-Level Domain (Gtld). Ini adalah style TLD yang paling generik digunakan dan bukan mewakili kode negara eksklusif. Lebih dari satu contoh gtld adalah .Com, .Org, dan .Net.
Selagi menentukan ekstensi yang cocok untuk domain Kamu, cari TLD yang mewakili tujuan web site Kamu. Akhiran yang bukan tepat dapat memicu pengunjung bingung dan menyebabkan brand Kamu rentan disalahartikan.


Misalnya, ekstensi .Com atau .Biz bisa saja amat cocok untuk usaha ecommerce. Namun, terkecuali Kamu berencana mengakibatkan blog untuk menulis jurnal secara online, ekstensi layaknya .Me sanggup jadi solusi yang tepat.


Sehabis menentukan domain dan ekstensi, coba domain checker kita untuk melacak domain disesuaikan keinginan Kamu.


Masukkan sebutan ke kolom pencarian, lalu tool itu akan menampilkan daftar domain yang ada. Tool domain checker kita juga akan menampilkan beraneka saran ekstensi dan sebutan, yang perlihatkan bermacam ide domain.


domain ada
Terkecuali alamat situs yang Kamu idamkan telah dipakai orang lain, sebaiknya hubungi pemiliknya dan tawarkan harga yang wajar untuk membelinya. Gunakan tool WHOIS untuk cek pemilik domain, layaknya nomor telpon atau alamat email usaha mereka.


Tetapi, sebelum membeli julukan itu, gunakan layanan escrow untuk memfasilitasi kesepakatan di pihak Kamu. Escrow akan mempekerjakan pihak ketiga untuk menghambat pembayaran hingga kewajiban kontrak dipenuhi. Bersama dengan begitu, Kamu mampu terhindar berasal dari kecurangan dan penipuan.


3. Pilih Domain


Pada akhirnya, apabila telah menemukan domain yang cocok untuk project Kamu, lanjutkan ke proses pembayaran.


Terhadap langkah ini, Kamu juga kudu memilih jangka pas pendaftaran domain. Tiap tiap registrar menawarkan jangka saat yang beraneka-macam, mulai berasal dari 1 th hingga 10 year.


Sebelum jangka saat pendaftaran awal berakhir, registrar akan mengingatkan Kamu untuk renew domain.


Tak hanya tersebut, corporate pendaftaran domain biasanya mengharuskan pengguna membayar untuk jangka saat minimal 1 tahunan. Tetapi, registrar lain bisa saja punyai jangka kala pendaftaran minimum yang lebih lama, layaknya 2 th.


Apabila Kamu mengikuti cara membeli domain di Hostinger, klik tombol Tambah ke cart di sebelah harga domain sesudah selesaikan proses memilih sebutan domain di halaman domain checker.


ikon tambah ke cart awal
Lalu, klik tombol Tambah ke cart berwarna hijau.


ikon tambah ke cart
Berasal dari ventilasi shopping cart, pilih drop-down Jangka kala dan pilih periode pendaftaran. Di sini, Kamu juga dapat memilih untuk beri tambahan add-on bantuan privasi. Klik tombol Checkout Sekarang untuk merampungkan pesanan.


merampungkan pembayaran
Lantas, Kamu harus login atau sebabkan akun untuk selesaikan proses pembayaran.


buat akun
Sesudah tersebut, melaksanakan proses checkout dan pilih metode pembayaran.


metode pembayaran domain
Isikan kabar billing dan cek pesanan Kamu kembali. Kecuali telah percaya, lanjutkan ke proses merampungkan cara membeli domain web site.


4. Menyelesaikan Pendaftaran Domain


Apabila udah merampungkan pembayaran, Kamu akan segera diarahkan ke control panel. Di control panel ini, ada kolom setup yang kudu Kamu isi untuk merampungkan pendaftaran domain.


Isi seluruh kolom bersama dengan detail yang sahih, layaknya julukan, alamat, dan kabar kontak Kamu. Knowledge ini akan disimpan di Whois, yang merupakan database kepemilikan domain formal.


detail kontak hostinger
Sesudah mengirimkan detailnya, pendaftaran domain akan diproses.


lanjutkan hostinger
Kamu mampu mengubah info kepemilikan domain lewat bagian pengelolaan domain di di dalam control panel. Sehabis jalankan perubahan, Kamu wajib mengonfirmasinya lewat email.


5. Verifikasi Kepemilikan Domain


Kamu telah hingga di langkah paling akhir! Sekarang, verifikasi kepemilikan domain lewat alamat email yang digunakan sementara mendaftarkan domain.


Email biasanya diterima di dalam lebih dari satu menit sehabis selesaikan setup domain. Lumayan klik link verifikasi di email untuk memverifikasi info kontak Kamu.


Terkecuali bukan terima email, kirim lagi permintaan berasal dari control panel. Sebaiknya melaksanakan langsung, dikarenakan kecuali telah 15 hari atau lebih, domain Kamu mampu ditangguhkan untuk kala berasal dari registry.


Selesai! Sekarang Kamu udah menyadari cara membeli domain situs dan merampungkan proses pendaftaran awal. Ringan dan bukan repot, kan?
Posting Komentar

Posting Komentar